June 19, 2021

  • Instagram

Motherboard Z590 Menampilkan PCIe Gen 4.0 Compatibility Hanya Dengan 11th Gen Intel Rocket Lake Core i9, Core i7, Core i5 CPUs

Dua minggu dari sekarang, Intel dan board partners akan memperkenalkan motherboard Z590 (500-series) baru mereka yang akan menawarkan dukungan penuh untuk 11th Gen Rocket Lake Desktop CPUs. Fitur utama dari papan ini selain dari next-gen CPU support adalah fitur advanced I/O dan dukungan penuh untuk PCIe Gen 4.0 protocol.

Informasi datang terdaftar pada beberapa motherboard berbasis chipset Z590 yang telah kami mulai terima dari board partners lebih dulu dari pengumuman 11 Januari. Setiap motherboard memiliki stiker di slot PCIe atas yang menyebutkan bahwa Gen 4.0 protocol akan didukung oleh Intel’s Rocket Lake Desktop CPUs.

Sesuai informasi yang bocor sebelumnya yang mencakup semua Intel Rocket Lake SKUs, lineup akan terdiri dari Core i9, Core i7, and Core i5 chips. Sisa dari jajaran yang mencakup Core i3, Pentium & Celeron series tidak akan menawarkan dukungan PCIe Gen 4.0 dan akan mempertahankan Gen 3.0 compliancy karena mereka adalah bagian dari Comet Lake family. Hanya Intel’s Rocket Lake CPUs yang memiliki architectural upgrades yang diperlukan untuk mendukung PCIe Gen 4.0.

Protokol PCIe Gen 4.0 belum menjadi deal-breaker besar pada GPU seperti pada storage devices berbasis PCIe. Next-generation SSDs dengan PCIe 4.0 telah menunjukkan peningkatan kinerja yang luar biasa & dengan teknologi seperti NVIDIA RTX IO dan Microsoft DirectStorage untuk PC desktop pasti akan menggunakan interconnect protocol untuk memungkinkan kinerja dan access time yang lebih cepat.

About The Author

Related posts

Leave a Reply