June 13, 2021

  • Instagram

Intel Menunjukkan Core i9-11900k ‘Rocket Lake’ Flagship CPU Pada CES 2021

Intel telah menunjukkan Rocket Lake architecture yang akan datang untuk pertama kalinya pada CES 2021. CPU Rocket Lake menandai perombakan architecture besar yang pertama dalam lebih dari 5 tahun dan merupakan architecture yang telah di-backport dengan cermat dari 10nm sehingga Intel dapat membawanya ke pasar secepat mungkin. Tidak hanya itu, ini juga akhirnya akan membawa dukungan PCIe 4.0 ke mainstream platform Intel yang selama ini sangat kurang.

Intel’s Rocket Lake processors akan memiliki hingga 8 cores (dan 16 threads) dan menampilkan daya integrated graphics power berdasarkan Xe architecture 50% lebih banyak. RKL-S didasarkan pada 14nm process, tetapi tidak seperti generasi sebelumnya, RKL-S akan menampilkan architecture yang diperbarui berdasarkan Sunny Cove (Ice Lake) architecture yang disebut Cypress Cove. Ini pada dasarnya adalah backport dari 10nm (non-SuperFin) hingga 14nm. PCIe 4.0 support dan Xe 12 generation graphics telah ditambahkan juga.

Karena didasarkan pada 14nm process, Rocket Lake S akan dapat meningkatkan hingga 5,3 GHz (yang merupakan tipikal untuk mature process saat ini) memungkinkan untuk yang terbaik dari situasi di mana architecture baru dapat mencapai ground running (berbicara dari perspektif clock speed) karena node yang sangat matang. all-core Turbo akan menjadi 4,8 GHz, yang cukup tinggi untuk chip 8-core.

Rocket Lake S akan menampilkan 20 CPU based PCIe 4.0 lanes (4 lebih banyak dari generasi sebelumnya) menjadikannya  mainstream Intel architecture pertama yang mendukung PCIe 4.0 standard dan sesuatu yang sangat kurang dari jajaran perusahaan saat ini. Ini menampilkan Deep Learning Boost dan dukungan VNNI baru yang seharusnya menambah kecepatan yang signifikan untuk alur kerja terkait AI. Ia juga dilengkapi dengan USB 3.2 Gen 2×2 standard baru untuk kecepatan USB yang sangat cepat dan memiliki Intel’s 12th generation Xe graphics iGPU. Xe Graphics memperkenalkan dukungan untuk high-end video decoders seperti 4: 4: 4 HEVC dan VP9 sekaligus memungkinkan display resolutions hingga 3x 4k60. integrated memory controller sekarang secara native mendukung kecepatan hingga DDR4-3200 tanpa overclocking apa pun.

Ini adalah kabar baik bagi para enthusiast karena RKL akan menjadi architecture baru yang besar dan pertama dalam waktu yang sangat lama. Yang lebih menakjubkan lagi adalah Intel berhasil mempertahankan sebagian besar perolehan IPC dari Willow Cove 10nm (yang merupakan 25% +) dengan 14nm architecture baru yang menghasilkan 19% IPC gains. Peningkatan double-digit IPC sambil tetap berada di node yang sama adalah hal yang benar-benar luar biasa. 5.3 GHz boost clock yang dikombinasikan dengan architecture baru yang besar seharusnya menawarkan kombinasi terbaik untuk peningkatan kinerja bagi pelanggan Intel.

About The Author

Related posts

Leave a Reply