April 19, 2021

  • Instagram

AMD Mengatakan Berfokus pada CPU Zen 4 & Zen 5, RDNA 3 GPU Akan Menawarkan Performance Per Watt Yang Lebih Tinggi

Dalam sebuah wawancara dengan Dr. Ian Cutress dari Anandtech, CEO AMD, Dr. Lisa Su, mengatakan bahwa tim CPU mereka sepenuhnya fokus pada next-generation Zen 4 dan Zen 5 core architectures sementara tim GPU saat ini sedang bekerja keras untuk mengembangkan RDNA 3 architecture.

Lisa menyatakan bahwa divisi CPU mereka yang mengerjakan Zen cores telah melakukan pekerjaan yang fenomenal tetapi yang terbaik belum datang. next-generation Zen 4 dan Zen 5 core architectures dari AMD sudah mulai dipersiapkan & akan sangat kompetitif.

Kami hanya tahu sedikit tentang Zen 4, apalagi Zen 5, untuk saat ini, tetapi architecturenya menjanjikan banyak hal untuk consumer dan server segment. Zen 4 architecture  diposisikan untuk diluncurkan pada tahun 2021 dan CPU Ryzen berdasarkan architecture ini akan menjadi yang pertama mendapatkan dukungan pada platform AM5 baru yang akan menawarkan dukungan next-generation DDR5 & USB 4.0.

Selain platform, AMD juga berencana untuk meningkatkan jumlah core dari masing-masing jajaran CPU. Saat ini, AMD CPU lineup ada dengan 64 core pada server & high-end desktop, 16 core pada mainstream desktop, dan 8 core pada mobility platform. Ini telah terjadi sejak generasi Zen 2 dan Zen 3. Ke depannya, kita akan melihat lebih banyak core, mungkin 96 core untuk server / HEDT, 32 core untuk mainstream desktop, dan 12-16 core untuk mobility segment. Hal ini dimungkinkan karena process node yang lebih kecil dan perubahan desain yang memungkinkan AMD menampilkan lebih banyak unit CCD / CCX dalam penawaran Zen generasi berikutnya.

AMD juga berbicara tentang GPU dan bagaimana David Wang & timnya di RTG menghidupkan RDNA 2. Mereka sangat senang dengan hasil (performance per watt / perolehan kinerja umum) yang dicapai dengan 2nd Generation RDNA cores dan filosofi yang sama akan digunakan dalam merancang third generation RDNA architecture atau RDNA 3.

AMD Zen 4 architecture akan secara langsung bersaing dengan jajaran Intel Alder Lake sementara RDNA 3 akan menangani NVIDIA’s refreshed Ampere GPUs yang kemungkinan akan diperkenalkan pada akhir 2021 atau pada awal 2022.

About The Author

Related posts

Leave a Reply