August 02, 2021

  • Instagram

Intel Z490 Motherboard PCIe Gen 4 Performance Diuji Dengan CPU Intel Rocket Lake

Salah satu sumber kami telah mengirimkan hasil pertama dari Intel’s Z490 & Rocket Lake CPU platform yang menjalankan Gen 4 SSD dan hasilnya cukup mengesankan. PCIe Gen 4 telah menjadi salah satu fitur utama dari motherboard Z490 tetapi kami tidak pernah melihatnya beraksi karena memerlukan CPU Rocket Lake yang kompatibel. Tetapi karena ada semakin banyak CPU Rocket Lake ES / QS yang beredar sekarang, kita bisa melihat hasil kinerja pertama.

Hasil performance dilakukan pada motherboard MSI Z490-A PRO yang menjalankan Intel Rocket Lake Desktop CPU yang dirahasiakan. Kami diberi tahu oleh sumber bahwa chip tersebut adalah sampel QS awal tetapi memungkinkan PCIe Gen 4.0 support pada Z490 platform. Seperti Z490, Z590 boards juga akan mengaktifkan Gen 4.0 support hanya dengan 11th Gen Rocket Lake CPU yang kompatibel. CPU Comet Lake (Refresh) Gen ke-10 dan ke-11 yang sudah lebih lama tidak akan mengizinkan fungsionalitas Gen 4.0 di kedua board ini.

Baca juga:   Intel Alder Lake 16 Core Desktop & 14 Core Mobility CPU Diuji, Terlihat Dengan 256 EU Xe-HPG & 32 EU Xe-LP GPU

Penghitungan dilakukan dengan menggunakan Z490 BIOS terbaru dari MSI yang menambahkan berbagai fitur termasuk kompatibilitas yang lebih baik dari PCIe based storage devices. Fitur lainnya termasuk ME 14.1 yang diperbarui, dukungan untuk Resizable-BAR (AMD & NVIDIA GPU), dan added compatibility  untuk CPU Rocket Lake.

Di CrystalDiskMark, platform Intel Z490 dengan CPU Rocket Lake mampu mencapai 7 Gb/s reads dan lebih dari 5 Gb/s write speeds. Ini jauh lebih cepat daripada 5.5 Gb/s read speeds dari PS5 & benar-benar sebuah karya yang mengesankan tentang performa SSD saat ini pada platform PC.

About The Author

Related posts

Leave a Reply