July 30, 2021

  • Instagram

Intel Core i9-11900K ‘Rocket Lake’ Flagship 8-Core CPU Benchmarks: Mengalahkan AMD 12-Core Ryzen 5900X Di Cyberpunk 2077 Dan Banyak Lagi!

Intel baru saja menunjukkan CPU Rocket Lake S-nya di CES 2021 dan perusahaan tersebut membagikan beberapa sesi gaming benchmark dengan kita. Rocket Lake akan menjadi mainstream platform PCIe 4.0 pertama perusahaan dan akan mewakili langkah besar dari iterasi Skylake yang tak terhitung jumlahnya. Menurut sumber kami, platform ini diperkirakan diluncurkan pada Maret 2021, tetapi sebelum itu, kami memiliki beberapa kinerja game untuk dibagikan.

Seperti yang Anda lihat, CPU Intel Rocket Lake, Core i9-11900k secara resmi, sangatlah luar biasa. Ini sendiri merupakan 8-core affair tetapi tidak hanya dapat bersaing dengan processor AMD generasi terbaru Ryzen 5900X 12-core dalam kinerja gaming – tetapi sebenarnya mengalahkannya dengan selisih kecil. Seperti halnya first-party benchmarks, kita tidak untuk mengambil informasi ini mentah mentah sampai pengujian independen keluar, tetapi apa yang terjadi di sini tidak mengherankan. Gaming sangat bergantung pada clock rate dalam hal kinerja dan Intel 14nm adalah platform yang sangat matang yang dapat clock hingga 5,3 GHz.

Baca juga:   MSI GeForce RTX 3070 Ti SUPRIM X Dan VENTUS 3X Akan Menunjukkan GDDR6X

gaming benchmarks yang dicakup Intel termasuk Total War: Three Kingdoms, Gears of War 5, Metro Exodus, Cyberpunk 2077, Watchdogs: Legion, Farcry: New Dawn dan Assassin’s Creed Valhalla. Semua game diuji pada 1080p graphics settings untuk benar-benar menguji kemampuan CPU dan menjadikannya bottleneck utama. Perbedaan performa berkisar dari 8% di Total War (yang merupakan game yang sangat intensif CPU) hingga 2% di Assassin’s Creed Valhalla. Secara agregat, Intel Core i9-11900k 4,4% lebih cepat dari AMD Ryzen 5900X.

Perusahaan kemudian melanjutkan untuk menunjukkan lompatan generasi yang dibawa Rocket Lake jika dibandingkan dengan processor Core i9-10900k generasi sebelumnya (yang masih berbasis Skylake). Sementara flagship sebelumnya mencetak 129 frames per second di Hitman 3, Core i9-11900k (didukung oleh Rocket Lake) mencetak hingga 140 frames per second. Secara rata-rata, perbedaan dalam game, dari generasi ke generasi kira-kira 7% menurut pengujian Intel sendiri.

Baca juga:   AMD Ryzen 7 5800U Flagship 8 Core Cezanne ‘Zen 3’ APU Benchmark Bocor, Hingga 38% Lebih Cepat Dari 4800U dalam Kinerja Single-Core

Perusahaan juga kemudian melanjutkan untuk memamerkan demo Cyberpunk 2077 yang berjalan (mungkin sudah maksimal) di platform Rocket Lake S sementara digabungkan ke NVIDIA RTX 3080. Meskipun tidak ada angka kinerja yang diberikan, permainan tampaknya cukup lancar. Penting untuk dicatat di sini bahwa Rocket Lake S memiliki fitur akses langsung ke SSD dan GPU menggunakan PCIe 4.0 yang akan menjadi fitur yang sangat penting di masa depan gaming. Game sudah dirancang dengan asset streaming tech, dan ini akan menjadi fitur yang harus dimiliki oleh para gamer kelas atas.

About The Author

Related posts

Leave a Reply