April 11, 2021

  • Instagram

AMD Ryzen 7 5800G Cezanne Desktop APU Terlihat, Menampilkan 8 Zen 3 Cores & Enhanced Vega GPU Dengan 8 Compute Units

Sejauh ini, kami hanya melihat AMD Ryzen 7 5700G Cezanne 8 Core Desktop APU beraksi tetapi tampaknya AMD memiliki APU yang lebih cepat dalam pengerjaan, Ryzen 7 5800G. Terlihat di TechPowerUp GPU validation webpage, APU ini bisa menjadi model flagship untuk Ryzen 5000 Desktop APU family.

Sejak APU terlihat di dalam GPU-z validation webpage, kami tidak dapat melihat spesifikasi mendetail seperti clocks, cache, TDP, dll. Namun, halaman tersebut mencantumkan spesifikasi GPU & hanya berdasarkan itu, kami dapat memberitahu bahwa chip yang sedang diuji adalah early engineering sample. Sedangkan untuk spesifikasi CPU, Cezanne Desktop APUs akan membatasi pada 8 core dan 16 thread. Anda akan mendapatkan 16 MB cache L3 dan clock speed yang sedikit lebih tinggi daripada Renoir Ryzen 4000G Desktop APUs.

AMD Ryzen 7 5700G baru-baru ini diuji dan menunjukkan beberapa angka overclocking yang mengesankan, mencapai hingga 4,75 GHz, yang mirip dengan di mana chip Ryzen 4000G ES pertama juga berakhir. Ryzen 4000G akhirnya didorong ke lebih dari 5 GHz tetapi potensi overclocking utama terlihat dengan overclocking DDR4 memory dan mengingat Zen 3 menawarkan IMC yang lebih baik daripada Zen 2, kita dapat mengharapkan beberapa angka kinerja yang hebat di departemen memori juga pada Cezanne based platform.

Sedangkan untuk GPU, AMD Ryzen 7 5800G mengemas enhanced Vega GPU dengan total 8 compute units. Ini berjumlah hingga total 512 stream processors yang menampilkan 8 ROP dan 8 TMU. GPU tersebut berjalan pada clock speeds dari 1800 MHz yang lebih rendah dari flagship sebelumnya, Ryzen 7 4750G, yang memiliki Vega GPU yang berjalan pada 2100 MHz. Ini karena chip tersebut merupakan revisi ES daripada QS atau final retail unit. APU juga berjalan pada PCIe Gen 3.0 interface sehingga juga menegaskan fakta bahwa kita tidak akan mendapatkan Gen 4 pada AM4 APU generasi terakhir.

Sumber kami telah menyebutkan bahwa AMD menunda peluncuran Cezanne Desktop APU ke kuartal kedua untuk memberikan supply chip yang stabil ke  mobility segment. Cezanne APU akan tersedia di mainstream segment dengan channel availability yang tepat

About The Author

Related posts

Leave a Reply