July 24, 2021

  • Instagram

GIGABYTE meluncurkan GeForce RTX 3080 Gaming OC WaterForce dengan waterblock

Gigabyte bersiap untuk meluncurkan kartu RTX 3080 baru dengan water block. Gigabyte RTX 3080 Gaming OC WaterForce WB adalah RTX 3080 graphics card kedua dari tipe ini yang diluncurkan oleh manufacturer, namun sementara yang pertama milik seri Aorus, yang satu ini merupakan bagian dari seri Gigabyte Gaming.

Cover model baru ini bukan bagian dari seri AORUS tetapi Gaming, yang biasanya berarti varian dengan spesifikasi lebih rendah. Kartu ini memang memiliki PCB yang lebih sempit daripada model Aorus Xtreme, juga dilengkapi dengan display connectors yang lebih sedikit: 3x DP + 2x HDMI, sedangkan kartu Aorus hadir dengan tiga DP.

Desainnya terlihat berbeda, water block jelas lebih kecil. graphics card adalah dual-slot design dengan custom shroud yang menutupi seluruh water block, tetapi ada jendela akrilik kecil tepat di atas GPU. Water block tampaknya mendukung Gigabyte’s RGB lighting system.

Baca juga:   CPU Intel 10nm Tiger Lake Akan Tiba di atas 11th Gen Desktop Platforms

Berbeda dengan model Aorus, Gaming WF WB tampaknya tidak memiliki deteksi kebocoran (fitur unik dari seri premium). Kartu ini masih di-overclock dari pabrik, Gigabyte memutuskan untuk meningkatkan boost clock menjadi 1800 MHz, yang lebih rendah 45 MHz dari Aorus.

Kartu baru ini terlihat lebih agresif daripada desain sebelumnya yang didasarkan pada Turing architecture. Gigabyte belum pernah merilis TU102 based Gaming WF WB series, tetapi ada TU104-based RTX 2080 SUPER model, yang terpasang di bawah ini bersama varian RTX 3080 Aorus Xtreme:

Kartu ini memiliki fitur GA102 GPU dengan 8704 CUDA core. RTX 3080 memiliki 10GB dari GDDR6X memory di seluruh 320-bit memory bus. Model ini dilengkapi dengan dua 8-pin power connectors dan  custom display connector configuration:

Baca juga:   Nvidia Menggila Dengan Membuat Dua Lagi Varian GeForce GTX 1650

About The Author

Related posts

Leave a Reply