September 26, 2021

  • Instagram

AMD Mengumumkan Zen 3 Based ‘Cezanne’ Ryzen 5000 Mobility Series Processors

Menurut bocoran yang diposting oleh Videocardz, AMD mengumumkan Ryzen 5000 series Cezanne mobility processors mereka. Cezzane adalah penerus keluarga Renoir family APU dari AMD dan merupakan rangkaian processor yang telah dinantikan dengan penuh semangat. slide deck yang bocor tidak hanya berisi detail berbagai peningkatan microarchitectural selama generasi terakhir mobility processors tetapi juga menegaskan bahwa Cezanne APU akan menampilkan peningkatan ukuran die sebesar 15% dari Renoir, dengan clocking di 180mm².

AMD’s Zen 3 based Ryzen 5000 series mobility processors memiliki 10,7 miliar transistor dan dibuat pada TSMC’s 7nmn process. Mereka menawarkan peningkatan 23% dalam kinerja single-threaded dibanding Ryzen 9 4900H yang lebih lama dan akan membuat AMD jauh lebih kompetitif dengan Intel Tiger Lake dalam single-threaded loads. Ini juga memiliki fitur dua kali lipat cache dengan unified 8 core CCX dan 16 MB L3 cache yang mempercepat komunikasi core dan menurunkan latency.

Baca juga:   Intel Core i5-11400 6 Core Rocket Lake Desktop CPU Benchmark Bocor

Zen 3 based architecture yang baru menampilkan single block dari 16MB L3 cache versus dua blok dari 4MB L3 cache di Zen 2. single block cache juga memberi tenaga semua 8 core secara bersamaan sebagai lawan dari desain terakhir di mana setiap block hanya dapat memberi tenaga 4 core . Ini meningkatkan aksesibilitas cache dan load distribution serta mengurangi daya sekaligus meningkatkan bandwidth.

Manajemen daya juga telah ditingkatkan selama generasi terakhir. Dengan Ryzen 5000 series processors, manajemen daya lebih baik dan setiap core dapat memiliki voltase dan frekuensi terpisah terlepas dari GPU load.

Zen 3 based Ryzen 5000 series flagship memiliki fitur USB 3.1 dan dukungan USB C dengan koneksi 2x NVME SATA dan satu koneksi PCIe Discrete GFX. Vega 7nm enhanced dengan 8 compute units akan menawarkan graphics horsepower dan infinity fabric akan menawarkan konektivitas tanpa batas antara keduanya. IGPU sekarang dapat mempertahankan frekuensi clock hingga 2,1 GHz dan mencapai 2,15 TFLOP GPU horsepower. Karena itu, Ryzen 5800U bisa mendapatkan skor graphics 171% lebih tinggi daripada Ryzen 3700U original.

Baca juga:   AMD Radeon RX 6600 XT & RX 6600 ‘Navi 23’ Graphics Cards Dilaporkan Diluncurkan pada 11 Agustus

About The Author

Related posts

Leave a Reply