September 26, 2021

  • Instagram

Intel Alder Lake SKU diungkap di SiSoftware Sandra, diluncurkan pada September 2021

Berkat kebocoran baru, kami sekarang tahu lebih banyak tentang CPU Intel Alder Lake-S series yang akan datang. Processor ini baru akan dirilis pada paruh kedua tahun 2021, tetapi SiSoftware Sandra telah diperbarui dengan dukungan untuk full stack dari CPU Alder Lake. Selain itu, Intel Media Driver baru saja diperbarui, memperlihatkan integrated GPUs yang hadir dengan processor Alder Lake-S.

Platform Intel Alder Lake akan dibagi menjadi tiga seri: Alder Lake-S untuk desktop, Alder Lake-P untuk laptop, dan Alder Lake-M untuk perangkat berdaya rendah. Menampilkan hybrid architecture dengan big & small core, setiap Alder Lake SKU akan hadir dengan konfigurasi core yang berbeda tergantung pada sistem yang dimaksudkan.

Baca juga:   Monster Hunter Digital Event Pada 27 April Akan Menunjukkan 2.0 Update

Hingga saat ini, semua entri processor Alder Lake di SiSoftware Sandra biasanya menampilkan beberapa kesalahan ketik. Dengan SiSoftware Sandra 20 R14 30.92 yang baru, situasinya akan menjadi lebih baik karena sekarang mendukung Intel Alder Lake (ADL-S / P / M), memberikan pengguna informasi yang lebih rinci di entri berikutnya dari processor ini.

Beberapa detail baru tentang Alder Lake-M juga telah terungkap melalui Coreboot (melalui Coelacanth’s Dream). Seperti yang terlihat pada file konfigurasi, Alder Lake-M dan P memiliki CPUID yang sama, kecuali untuk digit terakhir. Kedua seri memiliki “0x906”, yang berarti keduanya berasal dari family dan model x86 yang sama. Bagian terakhir dari CPUID, yang merupakan stepping, adalah dimana mereka berbeda, dengan ID Alder Lake-P diakhiri dengan “a0” dan ID Alder Lake-M diakhiri dengan “a1”.

Baca juga:   PUBG: New State merupakan Game Tersendiri dan bukan sekuel PUBG, PUBG 2 masih direncanakan untuk tahun 2022

Salah satu perbedaan tersebut mungkin adalah I / O yang lebih kecil dari Alder Lake-M, seperti yang terlihat pada file konfigurasi dari Coreboot ini. Rupanya, ini akan menampilkan 10x PCH PCIe lanes, bukan 12x yang ditemukan di Alder Lake-P.

Alder Lake-S juga mendapat sedikit lebih detail, khususnya iGPU-nya. Menurut pengajuan yang dibuat pada open-source Media Driver GitHub Intel (melalui VideoCardz), desktop Alder Lake CPUs akan menampilkan iGPU GT0.5 atau GT1 Xe-LP, yang menampilkan iGPU architecture yang sama dengan platform Tiger Lake dan Rocket Lake . Berdasarkan penomoran dan rumor sebelumnya, seharusnya juga ada GT2 iGPU yang sepenuhnya diaktifkan, yang diperkirakan akan ditampilkan dalam seri Alder Lake-P dan M.

Baca juga:   AMD Radeon RX 6600 XT Dilaporkan Diluncurkan pada Agustus, Dikabarkan Setara Dengan NVIDIA GTX 1080 Ti

Sesuai dengan yg ditulis Uniko’s Hardware, Intel diperkirakan untuk memperkenalkan Intel 12th Gen Core processors dan 600-series motherboards pada bulan September 2021.

About The Author

Related posts

Leave a Reply