October 18, 2021

  • Instagram

Intel Meluncurkan DG1 Graphics Card Berbasis 10nm SuperFin Untuk OEM

Sebuah mimpi yang dimulai beberapa tahun yang lalu, dengan RTG boss saat itu, Raja Koduri, bergabung dengan Intel, telah membuahkan hasil pertamanya: OEM-only Intel DG1 Xe Graphics Card. Meskipun DG1 mungkin bukan kartu yang paling kuat, ini sangat penting sebagai bukti konsep dan diperlukan bagi Intel untuk memahami berbagai hal sebelum terjun ke pasar GPU dengan kekuatan penuh.

Intel memposisikan GPU ini untuk entry-level market di mana mereka akan tersedia sebagai penawaran khusus OEM dari (saat ini) ASUS dan Colorful. Sementara varian ASUS memiliki fitur OEM-fare fanless aesthetic OEM yang mengingatkan kita pada masa lalu, varian Colorful adalah dual fan, single-slot design  yang terlihat dan terasa seperti graphics card yang baik. Gambar dari kedua varian ini diberikan di bawah ini:

Iris Xe discrete graphics card memiliki fitur 80EU (atau 640 ALU), 40 Tekstur unit, dan mungkin 20 ROP jika rasio dari Tiger Lake tetap sama

Baca juga:   Intel Document Mengkonfirmasi Soket LGA1700 Baru Untuk Prosesor Alder Lake

Intel Iris Xe MAX vs Iris Xe

Iris Xe MAXIris Xe
PlatformMobilityDesktop
GPUDG1DG1
Architecture10 nm SuperFin10 nm SuperFin
Execution Units9680
GPU Frequency16501700+
Memory4GB4GB
Memory bus width128 bit128 bit
Memory bandwidth68 GB/s68 GB/s
TDP25 W30 W

Kartu ini seharusnya memiliki clock setidaknya 1700 MHz yang berarti dapat menawarkan graphics horsepower dari 2,17 TFLOPs. TDP akan menjadi 30 Watt dan akan diproduksi pada Intel’s 10nm SuperFin technology. Mengingat 5W lebih haus daya daripada mobility card, kita dapat dengan aman mengasumsikan clock speednya akan lebih tinggi dari 1700 MHz.

Baca juga:   Benchmark AMD Ryzen 5 4650G menempatkannya mendekati 3600

Architecturenya, tentu saja, Xe-LP dan memiliki 4GB dari vRAM. Meskipun kami tidak yakin dengan kuantitas dan kapan dan apakah para gamer bisa mendapatkannya dalam hal ini, ini menegaskan kembali ambisi Intel untuk melihat dirinya sebagai pemain ketiga dalam bisnis GPU yang sangat menguntungkan. DG series adalah cara Intel untuk menguji beta platform mereka dan memprioritaskan mitra dan channels mereka untuk pertunjukan utama – yang tidak akan terjadi hingga 2022. Intel juga siap mempertimbangkan untuk merilis HPG based graphics card yang akan ditargetkan untuk para gamer dan seharusnya diberi harga super murah juga.

About The Author

Related posts

Leave a Reply