April 19, 2021

  • Instagram

Gambar dari Intel’s 4th Generation Xeon ‘Sapphire Rapids’ Processors Telah Muncul

Sapphire Rapids telah dikabarkan selama beberapa waktu, tetapi semakin dekat kita dengan peluncuran 2023 yang diharapkan, semakin banyak kebocoran yang kita dapatkan. Perkembangan terbaru dari 4th generation Intel’s Xeon processors adalah bocoran gambar pertama dari CPU. Leaker YuuKi-AnS menerbitkan gambar pertama dari yang diduga CPU Sapphire Rapids-SP berdasarkan 10nm process Intel. Chip tersebut menggunakan codename QVV5 dan akan digunakan pada platform Eagle Stream. Fitur terbesar adalah dukungan PCIe 5.0 serta DDR5 memory yang naik hingga 8 channel.

Spesifikasi terkini dari next-gen Sapphire Rapids chips cukup mengesankan dengan bintang utamanya adalah dukungan PCI Express 5.0. Ini akan menjadi server chip pertama yang mendukung PCI Express 5.0. Bersamaan dengan itu, chip ini juga dilengkapi dengan  onboard HBM memory dan Compute Express Link 1.1. Ini juga diharapkan akan menjadi architecture pertama yang mendukung DDR5 memory, tetapi rumor yang berkembang adalah bahwa itu akan mendukung hingga 8-channel memory. Intel tampaknya akan beralih sepenuhnya ke DDR5 di semua platform pada akhir 2021 dimulai dengan platform Alder Lake.

CPU Sapphire Rapids-SP yang diduga digambarkan di atas adalah engineering sample dengan base clock 1,3 GHz. Tidak ada yang luar biasa, tapi penting untuk diketahui. Chip tersebut didasarkan pada penyempurnaan ketiga dari 10nm process technology Intel yang disebut 10nm Enhanced SuperFin. Leaker juga mengklaim bahwa CPU akan menggunakan empat compute cores bersama dengan empat HBM stacks. Socket yang akan digunakan adalah socket LGA4677-X baru.

Penggunaan yang diketahui dari Sapphire Rapids ada di next-gen HPC platforms, terutama Aurora supercomputer milik Intel. Aurora diperkirakan datang dilengkapi dengan dua Sapphire Rapids processors yang dipasangkan bersama enam Ponte Vecchio GPU. Ponte Vecchio GPU die telah diungkap oleh Raja Koduri minggu lalu dan menampilkan kekuatan penuh dari GPU Intel Xe HPC.

Intel memang mengonfirmasi pada CES 2021 bahwa 3rd Gen Xeon Scalable (Ice Lake-SP) processors sedang dalam produksi. Tak satu pun dari ini yang dikonfirmasi oleh Intel, tetapi beberapa kebocoran memberi kami banyak wawasan tentang apa yang dapat diharapkan dari Intel.

About The Author

Related posts

Leave a Reply