July 30, 2021

  • Instagram

ASUS Z490 Motherboards Diuji Dengan Intel Rocket Lake Desktop CPU, Kurangnya PCIe Gen 4.0 Support pada Slot M.2

pada bulan Juli lalu, kami melaporkan bagaimana ASUS sangat kekurangan PCIe Gen 4.0 support pada jajaran motherboard Z490, fitur utama dari CPU Desktop Intel Rocket Lake. Maju ke 2021 dan kami akhirnya dapat mengonfirmasi ini karena sumber kami telah mendapat kesempatan untuk menguji beberapa ASUS Z490 boards dengan CPU Rocket Lake.

Anda pasti bisa mendapatkan lebih banyak wawasan tentang situasi ASUS dalam posting mendetail ini, tetapi singkatnya, ASUS ketinggalan PCIe Gen 4.0 bandwagon dengan Z490 motherboard lineup sedangkan semua AIB besar lainnya menerapkan dukungan Gen 4.0 yang tepat pada motherboard Z490 mereka. Sumber kami mendapatkan beberapa motherboard ASUS Z490 dan mengujinya dengan CPU Intel Rocket Lake. Motherboard tersebut meliputi:

  • ASUS ROG Maximus XII HERO (Wi-Fi)
  • ASUS TUF Gaming Z490-PLUS (Wi-Fi)
Baca juga:   Akibat Penyebaran Virus Corona, ASUS Kekurangan Stok ROG Phone II

Untuk tujuan pengujian, Samsung 980 PRO 1 TB SSD digunakan dan selama pengujian, drive hanya dapat berjalan dengan setengah dari potensi maksimumnya. Pada saat yang sama, fungsionalitas PCIe Gen 4.0 untuk GPU beroperasi secara normal dan banyak yang telah dikonfirmasi oleh ASUS sendiri. Pengujian dapat dibandingkan dengan implementasi MSI Z490 Gen 4 yang kami laporkan bulan lalu. Anda dapat melihat bahwa ketika dipasangkan dengan CPU Intel Rocket Lake, motherboard MSI Z490 membuka potensi penuh dari drive NVMe, menawarkan kecepatan luar biasa yang lebih cepat daripada custom NVMe drive yang ditemukan di konsol PS5 Sony.

Dengan demikian, ASUS meluncurkan jajaran motherboard Z590 mereka yang lebih baik untuk CPU Desktop Intel Rocket Lake dan seharusnya menawarkan dukungan penuh PCIe Gen 4.0 (tidak terbatas hanya pada GPU seperti Z490). ASUS juga secara resmi mencantumkan 11th Gen CPU dan v tetapi itu terbatas pada satu slot PCIe x16.

Baca juga:   Intel Rocket Lake Iris Xe GPU Benchmark dalam 3DMark Time Spy

Tetapi pengguna yang membeli motherboard ASUS Z490 untuk memasangkannya dengan CPU Intel Rocket Lake untuk kompatibilitas Gen 4.0 akan kecewa karena mereka tidak dapat sepenuhnya menggunakan CPU baru mereka & harus membeli platform yang sama sekali baru untuk mendapatkan dukungan yang tepat.

About The Author

Related posts

Leave a Reply