October 18, 2021

  • Instagram

Intel Alder Lake 16 Core Desktop CPUs Dirumorkan Pada September 2021

Intel Rocket Lake dan Alder Lake Desktop CPU diluncurkan tahun ini tetapi Alder Lake akan menjadi hal yang lebih besar untuk intel karena tidak hanya hadir dengan process node baru tetapi juga chip baru dan architecture design baru juga.

Dalam postingan di HKEPC, disebutkan bahwa CPU Desktop Rocket Lake Intel akan tersedia pada tanggal 15 Maret 2021. 11th Generation Rocket Lake lineup akan digantikan oleh 12th Gen Alder Lake lineup dalam tahun yang sama. Dibandingkan dengan 11th Gen family, 12th Gen Alder Lake family akan menawarkan lebih banyak core, architecture baru, dan juga process node baru. Ini akan menjadi process node baru pertama Intel dalam lebih dari 6 tahun sejak rilisnya Broadwell.

Baca juga:   Colorful Luncurkan iGame Z490 Vulcan X V20 dan CVN Z490 GAMING PRO V20

Situs tersebut melaporkan bahwa CPU Intel Alder Lake akan menampilkan 10nm Enhanced SuperFin process node yang memberikan pengurangan 15% dalam konsumsi daya sementara arGolden Cove architecture diperkirakan memberikan keuntungan IPC setidaknya 20% dari Willow Cove. Sebagai perbandingan, Cypress Cove core pada CPU Rocket Lake memberikan sekitar 18% IPC gains dari Skylake dan Willow Cove sedikit meningkat setelah itu. Secara umum, Golden Cove cores akan memberikan peningkatan IPC 40-50% dari Skylake yang mirip dengan yang dikabarkan beberapa waktu lalu.

Untuk Gracemont Atom cores, kinerjanya dikatakan serupa atau sedikit lebih baik dari Skylake core tetapi dengan daya yang jauh lebih rendah. IPC gain keseluruhan untuk chip Alder Lake yang lengkap diperkirakan sekitar 16-18%. Sumber tersebut juga menyatakan bahwa sementara pesaing sebenarnya Alder Lake adalah AMD Zen 4, CPU tersebut tidak akan aktif sampai tahun 2022 karena kapasitas yang tidak mencukupi dari TSMC’s 5nm process node sehingga mungkin AMD akan merilis intermediate solution seperti Warhol lineup yang dirumorkan dari CPU Ryzen berbasis Zen 3+ yang memanfaatkan TSMC’s 6nm process node.

Baca juga:   Intel 3rd Gen Ice Lake-SP Xeon CPU Dengan 14 Core & 28 Threads Benchmark

CPU Intel Alder Lake dirumorkan akan diumumkan pada September 2021 diikuti dengan peluncuran pada Desember 2021.

About The Author

Related posts

Leave a Reply