April 19, 2021

  • Instagram

Intel mengatakan akan membawa Resizable BAR ke 11th-gen Rocket Lake CPUs

Hardware Manufacturer AMD, Intel, dan Nvidia telah bekerja untuk menggabungkan fitur peningkatan kinerja baru yang telah menjadi bagian dari spesifikasi PCIe selama bertahun-tahun yang disebut Resizable BAR (resizable Base Address Register). Telah dibuktikan bahwa dengan memungkinkan perluasan dinamis saluran data antara CPU dan graphics memory, Anda dapat mendapat beberapa kinerja tambahan dari setup Anda.

Resizable BAR menentukan berapa banyak graphics cards VRAM anda yang akan dipetakan untuk diakses oleh CPU. Biasanya CPU dapat mengakses hingga 256 MB VRAM yang dipetakan, tetapi dengan  resizable BAR, ia dapat memiliki akses penuh ke graphics cards’ VRAM buffer.

AMD telah menambahkan dukungan untuk Resizable BAR (menyebutnya SAM atau “Smart Access Memory”) untuk sistem tertentu yang menjalankan CPU Ryzen 5000 yang dipasangkan dengan Radeon RX 6000 series graphics card. Kami telah menguji fitur tersebut dan tentunya ini dapat membawa beberapa peningkatan kinerja yang terlihat pada judul-judul seperti Assassin’s Creed Valhalla, Borderlands 3, Dirt 5, The Division 2, Hitman 2, dan Godfall. Namun di beberapa judul lain, itu tidak dapat melihat manfaatnya atau bahkan kehilangan kinerja marjinal.

AMD mencoba memasarkan ini sebagai teknologi “unik”, tetapi yang seharusnya dikatakan adalah bahwa kecuali Anda membeli hardware terbaru mereka, Anda praktis kurang beruntung. Nvidia dan Intel telah berjanji untuk meluncurkan fitur tersebut ke konfigurasi sistem lain.

Bagi Anda yang lebih memilih Intel – Nvidia setup atau kebetulan telah memasangkan CPU Intel dengan AMD graphics card, segalanya menjadi sedikit lebih rumit, karena Intel hanya mulai menawarkan dukungan untuk Resizable BAR dengan 11th-gen Rocket Lake desktop CPUs pada Z490 motherboard Desember lalu.

Beberapa motherboard manufacturer seperti MSI dan Asus telah berjanji bahwa mereka pada akhirnya akan membawa ini ke platform lain termasuk beberapa yang terbatas pada  8th-gen Intel CPUs, tetapi Anda masih harus menggunakan Radeon 6000 series graphics card atau salah satu dari Nvidia’s RTX 3000 series, dimana keduanya kekurangan supply dan akan menjadi lebih sulit diperoleh dalam beberapa bulan mendatang.

Secara keseluruhan, bagus untuk melihat bahwa Intel, Nvidia, dan AMD bekerja sama untuk menjadikan Resizable BAR sebagai fitur standar pada sistem modern.

About The Author

Related posts

Leave a Reply