April 13, 2021

  • Instagram

MSI GeForce RTX 3060 GAMING X PCB dengan NVIDIA Ampere GA106 GPU

MSI GAMING X graphics card adalah model dual-fan GAMING pertama dalam jajaran GeForce RTX 30. Perusahaan telah memutuskan untuk meluncurkan GAMING X dan GAMING non-X secara eksklusif untuk model berbasis GA106. Kartu ini dilengkapi Twin Frozr 8 cooling solution dengan Torx 4.0 fan design.

RTX 3060 GAMING X adalah full custom model dengan overclocking pabrik pada 1837 MHz (+60 MHz). Dibandingkan dengan GAMING X TRIO, SKU ini sedikit lebih lambat (-15 MHz) dan juga menawarkan PCB yang berbeda. TRIO memiliki dual 8-pin power connectors, sedangkan varian dual-fan memiliki  6+8-pin configuration. Menurut spesifikasi resmi, kartu tersebut memiliki konsumsi daya default pada 170W, yang menyiratkan bahwa itu belum ditingkatkan meskipun clock yang lebih tinggi.

graphics card memiliki 10 induktor dengan 6 power stages untuk GPU dan dua untuk memori. Ini adalah PCB yang sedikit dimodifikasi dibandingkan dengan reference design, terutama di sekitar konektor daya. boardnya juga sedikit lebih panjang, tapi tetap tidak sepanjang coolernya sendiri. Dengan demikian, kipas sekunder akan mendorong udara melalui heatsink yang terbuka.

NVIDIA GeForce RTX 3060 dilengkapi dengan 12GB dari GDDR6 memory dengan clock 15 Gbps. Seperti yang Anda lihat, PCB dapat dengan mudah memuat delapan modul memori, tetapi untuk model ini hanya 6 yang terisi. MSI GAMING X menggunakan enam modul Samsung K4ZAF325BM-HC16 yang masing-masing membawa kapasitas 2GB.

About The Author

Related posts

Leave a Reply