April 13, 2021

  • Instagram

AMD Membawa Smart Access Memory (Resizable Bar) ke Ryzen 3000 Desktop CPU

Selain pengungkapan Radeon RX 6700 XT, AMD juga mengumumkan akan menghadirkan teknologi Smart Access Memory (Resizable Bar) ke CPU Desktop Ryzen 3000 yang didasari core Zen 2. Ini adalah kabar baik bagi sebagian besar pengguna PC yang menjalankan CPU Matisse dan extra boost dalam kinerja berkat BAR support sangat disambut baik oleh komunitas gaming.

Teknologi AMD Smart Access Memory atau Resizable BAR sangat bagus ketika berfungsi. Untuk Ryzen 3000, AMD telah menyatakan bahwa pengguna dapat mengharapkan boost kinerja hingga 16% yang cukup mengesankan. AMD menunjukkan peningkatan kinerja dengan Radeon RX 6000 series class GPUs miliknya sendiri, tetapi kami tahu bahwa manufacturer motherboard telah membuka BAR support untuk GPU NVIDIA pada motherboard AMD juga.

AMD Ryzen 3000 series family diluncurkan bersamaan dengan 400-series platform dan mereka sudah memiliki BIOS support untuk resizable-BAR. Namun, kita dapat mengharapkan peluncuran BIOS yang lebih formal yang akan sepenuhnya mengaktifkan Ryzen 3000 CPU support pada AMD 500 & 400 series motherboards. Platform Intel juga membuka BAR support hingga 300-series motherboards yang kembali ke 8th Gen CPUs.

Sekadar mengingatkan kembali, teknologi AMD Smart Access Memory (Resizable Bar) tidak mengharuskan Anda berinvestasi dalam PCIe Gen 4 paltform karena akan didukung oleh PCIe Gen 3 juga. Berdasarkan apa yang kita ketahui sejauh ini, BAR pada dasarnya menentukan berapa banyak discrete GPU memory space yang dapat dipetakan dan PC saat ini biasanya dibatasi hingga 256 MB memori yang dipetakan. AMD mengklaim bahwa dengan SAM, mereka dapat mengakses semua memori GPU, menghilangkan semua hambatan untuk memungkinkan kinerja yang lebih cepat.

About The Author

Related posts

Leave a Reply