October 24, 2021

  • Instagram

Intel Memperkenalkan 11th Generation ‘Rocket Lake’ Desktop Processors Dengan Peningkatan IPC 19%

Intel’s Rocket Lake adalah salah satu peluncuran yang paling ditunggu-tunggu dalam hampir satu dekade. Ini menandai langkah pertama menjauh dari Skylake macro-architecture yang lebih luas (sejak Haswell) dan revisi besar pertama untuk Intel pada 14nm process. Ini adalah platform pertama dari Intel yang mendukung PCIe 4.0 dan juga yang pertama dari ” Jim Keller parts” di Desktop – dibuat oleh orang yang sama yang merancang Zen AMD. Intel telah berhasil memberikan IPC yang luar biasa sebesar 19% sambil tetap pada process yang sama dan akan bersaing dengan AMD Zen lagi untuk pertama kalinya dalam hampir setahun.

Berdasarkan angka yang kami lihat, kami bahkan berpikir bahwa flagship SKU akan mengalahkan penawaran AMD Zen 3 core meskipun apakah core parts AMD yang lebih tinggi mempertahankan mahkota kinerja gaming masih perlu dilihat (Rocket Lake terbatas pada 8 core). Processor Intel Rocket Lake juga berisi Intel Deep Learning Boost dan integrated graphics performance hingga 50% lebih baik.

Baca juga:   AMD Mengkonfirmasi: Navi 23 GPU Memiliki 64 ROP dan 32 Ray Tracing Cores

Rocket Lake akan menampilkan peningkatan architecture yang besar (Cypress Cove core) selama generasi terakhir CPU Intel dan akan menampung tepat 20 lanes PCIe 4.0. Selain Deep Learning Boost dan dukungan VNNI, ia juga akan memiliki native support untuk DDR4-3200 RAM tanpa melakukan overclocking pada IMC. 10bit AV1, dan 12bit HEVC sekarang didukung native juga. integrated graphics juga memiliki dukungan untuk Resizeable BAR – fitur yang telah memikat komunitas penggemar game untuk beberapa waktu ini.

Chipset Z590 adalah platform pilihan untuk Intel’s Rocket Lake processors. USB 3.2 Gen 2×2 didukung bersama dengan x8 DMI Gen 3.0 untuk dua kali bandwidth antara chipset dan CPU. Overclocking memori juga diaktifkan dan dukungan WiFi 6E bersama dengan Dukungan Thunderbolt 4.0 adalah standar. Perlu dicatat bahwa motherboard Z590 juga akan mendukung Intel 10th Generation processors.

Baca juga:   Magic: Legends mid-April update menambahkan hampir 500 perbaikan

Salah satu fitur yang menjadi fokus Intel kali ini adalah peningkatan overclocking yang dilakukan pada Intel Extreme Tuning Utility. Sekarang dimungkinkan untuk mengubah frekuensi memori dengan cepat – bersama dengan clock speed processor. Anda juga dapat mematikan AVX jika Anda menginginkannya.

8-core Rocket Lake Intel mengalahkan AMD’s 12-core Zen 3 berbasis 5900X dalam first-party benchmarks

hasil di bawah ini tidak mengherankan karena game yang mengandalkan thread yang lebih sedikit akan berperforma lebih baik di Rocket Lake (kami memperkirakan flagship RKL mengalahkan core AMD, tetapi kehilangan performa gaming secara keseluruhan karena keunggulan jumlah core Zen yang lebih tinggi) . Agar adil bagi Intel, mereka telah langsung ke jugular dan menguji kinerja 1080p, bukan 4k (yang akan menormalkan perbedaan apa pun) yang meningkatkan beban pada CPU. Rata-rata Core i9 11900K mengungguli Core i9-10900K yang lama sebesar 11%.

Baca juga:   Update Terbaru Cyberpunk 2077 Menambahkan Bug Baru, Dikonfirmasi CD Projekt Red

Selanjutnya, perusahaan menguji Rocket Lake terhadap AMD RX 5900X dan mengunggulinya sebesar 7,5%. Mempertimbangkan ini pada 1080p, Anda akan melihat sedikit atau tidak ada perbedaan pada 4K gaming di mana bebannya terutama pada GPU.

Terakhir, kami memiliki Core i5 11600k yang diuji terhadap Core i5 10600k yang lebih lama di mana ia mengungguli CPU yang lebih lama sebesar 11,5%.

About The Author

Related posts

Leave a Reply