April 19, 2021

  • Instagram

AMD Mengonfirmasi Bahwa FidelityFX Super Resolution ‘FSR’ Akan Diluncurkan Tahun Ini Untuk PC Gaming yang Didukung RDNA 2

Dalam sebuah wawancara dengan PCWorld, AMD menegaskan kembali rencananya untuk meluncurkan fitur FidelityFX Super Resolution untuk RDNA 2 graphics cards dalam tahun ini untuk berhadapan dengan DLSS NVIDIA. Informasi tersebut datang dari Full Nerd Special podcast terbaru dengan Scott Herkelman dari AMD sebagai salah satu tamu acara tersebut.

Sepertinya rumor mill agak optimis ketika dikatakan bahwa fitur FidelityFX Super Resolution untuk GPU AMD Radeon RX berbasis RDNA 2 architecture akan dirilis pada 2021. Scott Herkelman (CVP & GM di AMD Radeon) mengonfirmasi bahwa Saingan mereka DLSS NVIDIA masih dalam pengerjaan dan akan diluncurkan tahun ini. Scott juga mengonfirmasi bahwa teknologi tersebut akan menjadi yang pertama untuk gaming pc dengan Radeon RX GPUs. tetapi nantinya akan diperluas ke platform lain seperti gaming consoles yang juga didukung oleh RDNA 2 architecture.

NVIDIA memulai dengan AI-based supersampling technology sejak tahun 2018 ketika seri GeForce RTX 20 berbasis Turing diperkenalkan. DLSS 1.0 memiliki permulaan yang cukup sulit & tidak banyak game yang menggunakan fitur ini dan sementara pengguna dapat melihat beberapa peningkatan kinerja yang mengesankan, itu juga datang dengan kehilangan kualitas gambar yang seringkali terlalu buram jika dibandingkan dengan bermain di native resolution dengan metode AA standar. Itu berubah seiring waktu dan DLSS 2.0 menunjukkan bentuk sebenarnya dari fitur tersebut dengan perolehan yang masih mengesankan sambil mempertahankan kualitas gambar yang hampir serupa dengan native resolutio. Bahkan hingga saat ini, fitur tersebut telah mengalami update besar dengan The Medium dan Cyberpunk 2077 menjadi judul sorotan terbaru dan pemberdayaan gaming pada 8K pada satu graphics card.

Scott juga menyebutkan bahwa mereka tidak hanya mengincar machine learning untuk FSR tetapi pada kenyataannya, mereka akan bekerja dengan developer dan komunitas gaming untuk mencari tahu pendekatan mana yang terbaik. DLSS NVIDIA hanya mengandalkan machine learning yang dibantu AI yang didukung oleh Tensor core GPU architecture mereka sementara AMD yang tampaknya lebih selaras dengan pendekatan Microsoft DirectML, dapat menjalankan hardware standar dan bukan core AI khusus.

About The Author

Related posts

Leave a Reply