July 24, 2021

  • Instagram

NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti 12 GB Enthusiast Gaming Graphics Card Dilaporkan Diundur Hingga Mei

Tidak ada minggu yang berlalu tanpa kita mendengar rumor berbeda tentang NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti graphics card. Menurut laporan terbaru oleh ITHome, NVIDIA tampaknya telah mendorong mundur peluncuran enthusiast gaming graphics card tersebut selama sebulan.

Sebelumnya, NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti diperkirakan akan diluncurkan pada pertengahan April tetapi sekarang tampaknya NVIDIA telah memutuskan untuk menunda peluncuran selama sebulan penuh. Sekarang dikabarkan akan diluncurkan pada pertengahan Mei yang tepat sebulan lebih lambat dari jadwal aslinya. Kami tidak tahu apakah perusahaan masih ingin melanjutkan pengumuman yang direncanakan pada awal April atau apakah itu juga telah diundur tetapi peluncuran pasti ditunda dan kami sudah dapat memikirkan beberapa alasan mengapa perubahan ini mungkin terjadi.

Baca juga:   PSU Makers Menyiapkan 12-Pin Micro-Fit Connectors Untuk NVIDIA GeForce RTX 30 Series Ampere Graphics Cards

ASUS dalam investors call mengkonfirmasi bahwa mereka saat ini dipasok GPU NVIDIA Ampere terbatas yang menyebabkan delay stock yang besar dan kenaikan harga. NVIDIA saat ini memiliki jajaran GPU Ampere yang terdiri dari tiga chip utama, GA102, GA104, dan GA106. Kekurangan ini lebih sering terjadi pada GA102 dan GA104 high-performance parts yang mencakup kartu seperti RTX 3090, RTX 3080, RTX 3070, dan RTX 3060 Ti. MSI, vendor besar NVIDIA GeForce RTX GPU lainnya, telah mengonfirmasi dengan DigiTimes bahwa karena kekurangan GPU yang sedang berlangsung, perusahaan diperkirakan dapat menaikkan harga graphics card portfolio yang ada.

Kedua vendor tersebut sebelumnya telah menaikkan harga karena kenaikan tarif pengiriman dan kenaikan harga berbagai komponen PCB.

Baca juga:   AMD Ryzen 3000 XT Refresh – Sedikit Penambahan Boost Clock

Mempertimbangkan bahwa NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti akan didasarkan pada GPU GA102, ini dapat menjelaskan mengapa penundaan terjadi dan kartu telah dipindahkan ke pertengahan Q2 daripada Q2 awal. Namun, meskipun ada penundaan sebulan, kami tidak berharap situasinya menjadi lebih baik karena mitra NVIDIA sendiri tidak yakin untuk supply GPU kembali normal hingga akhir 2021. Hal ini juga berlaku untuk AMD Radeon RX 6000 lineup yang akan berfokus pada kartu mainstream dalam beberapa bulan mendatang.

Jangka waktu NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti sama dengan RTX 3070 Ti yang juga diperkirakan untuk diluncurkan pada bulan Mei tetapi sekarang juga harus dipindahkan kembali ke tanggal yang berbeda. Kami berharap kartu tersebut diluncurkan dalam waktu dekat dengan Computex 2021.

Baca juga:   Halo 4 PC beta hadir dengan crossplay dan input-based matchmaking

About The Author

Related posts

Leave a Reply