October 18, 2021

  • Instagram

Intel Secara Tidak Sengaja Mengonfirmasi Raptor Lake-S: Kompatibel dengan Platform Alder Lake-S

Processor Intel next-gen untuk mainstream and performance-mainstream client PCs yang akan dirilis pada tahun 2021 diberi codename Alder Lake, dan CPU klien pertamanya dengan 7 nm compute tile yang akan diluncurkan pada tahun 2023 disebut Meteor Lake. Apa yang belum diungkapkan secara resmi oleh Intel sejauh ini adalah codename dan fitur client platform 2022-nya. Kecuali, mereka secara tidak sengaja mengungkap codename Raptor Lake pada hari Jumat.

Bersamaan dengan sejumlah detail mengenai keluarga GPU DG2, Intel juga mengungkapkan beberapa informasi dasar tentang processor Raptor Lake yang akan tiba pada tahun 2022. CPU Desktop Raptor Lake-S akan terus menggunakan infrastruktur LGA1700 yang diperkenalkan oleh Alder Lake-S dan kemungkinan besar akan kompatibel dengan motherboard yang akan dirilis akhir tahun ini. Mobile Raptor Lake akan terus menampilkan integrated Thunderbolt 4 controller yang akan menggunakan Burnside Bridge TB4 retimer.

Baca juga:   Benchmark Intel’s 11th Gen 8 Core & 16 Thread Rocket Lake CPU - Sample Awal 4,2 GHz Hingga 21% Lebih Cepat Dari i7-10700K dalam Single-Core Tests

Akhir tahun ini Intel akan memperkenalkan platform Alder Lake untuk desktop dan notebook yang akan menghadirkan hybrid CPU architecture ke PC x86. Produk Intel Alder Lake akan mengemas hingga delapan Golden Cove core berkinerja tinggi dan delapan Gracemont core yang hemat energi. Mereka juga akan mendukung memori DDR5 dan akan memperkenalkan PCIe 5.0 interface. 

Sedikit yang diketahui tentang CPU Intel Raptor Lake. Beberapa kebocoran awal menunjukkan bahwa processor Raptor Lake pada dasarnya akan mengubah CPU Alder Lake dengan beberapa peningkatan tambahan. CPU Raptor Lake diperkirakan mempertahankan delapan core kinerja dan delapan core hemat energi, tetapi kali ini dengan beberapa penyesuaian seperti cache architecture yang lebih baik pada desktop parts dan dukungan LPDDR5X pada mobile parts.

Baca juga:   Intel Core i7 Generasi Selanjutnya Akan Menampilkan 8 Cores Dengan 12 Threads

Karena Alder Lake akan menghadirkan sejumlah teknologi baru, tidak biasa bagi Intel untuk membuat penerus langsungnya sangat berbeda. Ini adalah ‘pengoptimalan’, bukan architectureyang sepenuhnya baru. Mirip dengan platform sebelumnya, masuk akal untuk menggunakan infrastruktur Alder Lake untuk Raptor Lake. Meski pengungkapan Raptor Lake bersifat ‘resmi’, Intel tidak akan mengomentari masalah tersebut karena kebocoran itu tidak disengaja.

About The Author

Related posts

Leave a Reply