October 24, 2021

  • Instagram

AMD Ryzen 7000 Series ‘Raphael’ CPUs Bocor Di Roadmap Baru

pada Agustus 2020, roadmap misterius diposting oleh leaker yang dikenal sebagai MebiuW. roadmap yang dibagikan menampilkan codename baru yang belum pernah terdengar oleh siapa pun pada saat itu, seperti Warhol atau Dragon Crest. Gambar yang dibagikan tidak menampilkan keseluruhan roadmap, ada beberapa bagian yang hilang karena MebiuW belum siap untuk mengungkapkan semuanya sampai sumber lain mengkonfirmasi apa yang telah dibagikan.

Tampaknya bagian lain dari roadmap yang sama dibagikan oleh @sepeuwmjh baru-baru ini. Rupanya, seri produk Zen4 dengan codename Raphael telah dikonfirmasi. Versi sebelumnya dari roadmap ini hanya menampilkan ‘Ra’ yang kami asumsikan adalah Raphael, tetapi tidak mengkonfirmasi Zen4 atau Navi2 iGPU, sedangkan yang baru menunjukkannya.

Baca juga:   Hitman 3 akan diluncurkan secara eksklusif di Epic Games Store untuk pemain PC

Berbicara tentang bagian Navi2, bagian ini menunjukkan bahwa seri desktop Ryzen di masa depan akan menampilkan integrated graphics. Ini berarti bahwa pemilik processor Ryzen masa depan tidak lagi harus menggunakan discrete graphics. Ini membuka kemungkinan baru untuk ITX form factor builds, yang tidak memerlukan GPU yang kuat. Ini mungkin juga menjelaskan mengapa AMD sangat enggan meluncurkan 4700G / 4750G untuk pasar DIY. Akhirnya, itu akan digantikan oleh CPU berkinerja tinggi dengan built-in GPUs.

Bagian yang hilang sangat cocok dengan roadmap lama (bahkan ukurannya sama dari segi pixel). Jadi, sumber roadmap ini kemungkinan besar sama.

Roadmap lengkap perlahan-lahan sedang disatukan. Masih ada beberapa pertanyaan terkait  Zen3 fabrication node. Ini adalah refined node 7nm atau node 6nm baru. Baru-baru ini @ kopite7kimi, seorang leaker yang lebih dikenal dari hal-hal terkait NVIDIA, mengatakan bahwa salah satu roadmap yang menampilkan Zen3 + pada 6nm mungkin benar.

Baca juga:   Intel Core i7-11390H Tiger Lake Refresh muncul di Geekbench

Processor berbasis Zen3 + (nama tidak resmi) akan diluncurkan akhir tahun ini. Kami telah mendengar beberapa rumor bahwa baik Threadripper generasi berikutnya dan Ryzen 5000 Refresh (atau Ryzen 6000) mungkin menggunakan node baru ini. Ini mungkin menjelaskan penundaan Threadripper yang baru.

Roadmap yang lebih rinci telah disusun oleh @ Olrak29_, yang didasarkan pada roadmap MebiuW asli dengan informasi yang sejak itu dibagikan oleh sumber lain:

About The Author

Related posts

Leave a Reply