September 28, 2021

  • Instagram

Intel Alder Lake-S Xeon Entry Workstation CPU Telah Bocor

Roadmap CPU Intel Xeon Workstation CPU terbaru telah bocor yang menegaskan bahwa Intel sedang mengerjakan next-generation Alder Lake-S Entry-level processors untuk diluncurkan pada Q3 2021. Roadmap Xeon yang bocor terlihat oleh HXL (@ 9550Pro) dan menunjukkan bahwa Chip Rocket Lake Xeon W-1300 akan segera digantikan oleh CPU Xeon W-1400 Alder Lake.

Intel Alder Lake-S Xeon Workstation CPU akan serupa dengan CPU Alder Lake-S Core untuk platform desktop. Perbedaan utamanya adalah mereka akan menampilkan teknologi workstation utama seperti vPro untuk bisnis dan entry-level workstation PCs. Mengenai detailnya, sepertinya CPU Xeon W-1400 Alder Lake-S akan didukung oleh platform W680 baru yang akan terdiri dari socket LGA 1700. W680 akan menjadi salah satu dari banyak chipset Intel 600-series yang akan diluncurkan bersamaan dengan Alder Lake-S CPU dengan flagshipnya yaitu Z690.

Baca juga:   NVIDIA GeForce RTX 30 Ampere Enthusiast Gaming Graphics Cards akan Menampilkan Desain PCB yang lebih Kuat

Sedangkan untuk jajarannya sendiri, chip Workstation Intel Xeon W-1400 Alder Lake-S akan menampilkan hingga 16 core. Ada dua konfigurasi yang terdaftar yang meliputi 8 + 8 dan 6 + 8. 8 + 8 SKU yang menampilkan 8 Golden Cove core dan 8 Gracemont core terdaftar untuk produksi sekitar minggu ke-35 tahun 2021 sedangkan 6 + 0 SKU akan terdiri dari hanya 6 Golden Cove core dan tidak ada Gracemont core, akan diproduksi secara massal di Minggu ke-44 tahun 2021.

CPU Alder Lake-S Xeon W-1400 akan menampilkan berbagai konfigurasi TDP dimulai dengan 125W di bagian atas seri ‘K’ dan diikuti oleh 65W standard & 35W ‘T’ series variants. Setiap CPU akan dilengkapi dengan 20 PCIe Gen 4 lane. Core architecture yang baru diharapkan dapat meningkatkan kinerja single-threaded sebesar 20% dibandingkan CPU Rocket Lake yang ada. Berikut adalah beberapa pembaruan core yang dapat Anda harapkan dari jajaran arsitektur Intel 2021:

Baca juga:   ASRock Memperkenalkan Z590 OC Formula

Intel Golden Cove (Core) Architecture:

  • Meningkatkan Single-Threaded Performance (IPC)
  • Meningkatkan Performa Artificial Intelligence (AI)
  • Meningkatkan Network/5G Performance
  • Enhanced Security Features

Intel Gracemont (Atom) Architecture:

  • Meningkatkan Single-Threaded Performance (IPC)
  • Meningkatkan Frekuensi (Clock Speeds)
  • Meningkatkan Vector Performance

Intel juga menyoroti beberapa fitur utama CPU Alder Lake di slide juga seperti penggunaan hybrid core design yang akan mencakup Golden Cove core (penerus Willow Cove) & juga Gracemont core yang merupakan next-generation Atom architecture. Golden Cove cores akan berfungsi sebagai big core pada CPU & akan menampilkan simultaneous multi-threading support sementara core Atom akan tetap menggunakan desain non-SMT. Beberapa fitur baru untuk core itu sendiri akan mencakup Hardware-Guided Scheduling, Pengoptimalan Desain, dan Energy-aware core parking.

Terkait I / O, jajaran CPU Intel 12th Gen Alder Lake akan menampilkan dukungan PCIe Gen 5 & PCIe Gen 4, Intel WiFi 6E (Gig +), dan dukungan Thunderbolt 4. Untuk memori, CPU Alder Lake akan hadir dengan beragam pilihan mulai dari DDR5 / DDR4 untuk platform desktop dan LPDDR5 / LPDDR4 untuk platform mobility. Ke depan, Intel juga akan menambahkan dukungan LPDDR5X di jajaran processor Alder Lake refresh yang dikenal sebagai Raptor Lake.

Baca juga:   AMD Zen 3 Based EPYC Milan CPUs 20% Lebih Cepat Dibandingkan dengan Zen 2 Based EPYC Rome, Cache Lebih Besar & Clock Lebih Cepat

Selain entry-level workstation platform, Intel juga akan menawarkan CPU Ice Lake Xeon W-3300 sebagai bagian dari segmen expert workstation. CPU akan menawarkan hingga 38 core, 76 thread, cache hingga 57 MB, clock speed hingga 4.0 GHz, 64 PCIe Gen 4.0 lanes, 8-channel DDR4-3200 MHz & dukungan memori hingga 4 TB dan dukungan untuk yang instruction sets terbaru termasuk AVX, AVX2, AVX512, VNNI dan GNA 2.0. lineup ini diharapkan datang pada akhir 2021.

About The Author

Related posts

Leave a Reply