June 13, 2021

  • Instagram

GPU AMD RDNA 2 Memiliki Memory Latency yang Jauh Lebih Baik Dibandingkan NVIDIA Ampere GPU Architecture

Kinerja memory latency AMD’s RDNA 2 & NVIDIA’s Ampere GPU architecture telah diuji oleh Chips and Cheese. tech outlet memutuskan untuk menguji kinerja memory latency GPU dari GPU architectures terbaru dari AMD dan NVIDIA & menemukan beberapa hasil yang menarik.

Di sisi CPU, mengukur kinerja cache dan latency telah menjadi penunjuk penting dengan semakin meningkatnya penggunaan multi-chiplet dies dan beberapa chip IO die yang sama dan dalam beberapa kasus, off-die juga (AMD Zen chiplet). GPU juga terdiri dari beberapa hierarki cache yang mengisi celah antara compute dan kinerja memori dan sumbernya menggunakan OpenCL-based pointer chasing benchmarks untuk mengukur kinerja cache dan memory latency pada GPU generasi saat ini seperti NVIDIA Ampere dan AMD RDNA 2 architectures

Dalam benchmark, AMD Radeon RX 6800 XT (RDNA 2 GPU) & NVIDIA GeForce RTX 3090 (Ampere GPU) diposisikan berhadapan dengan satu sama lain. Benchmark cache dan memori menunjukkan bahwa AMD RDNA 2 architecture jauh lebih baik daripada GPU Ampere NVIDIA, memberikan latency yang lebih rendah meskipun harus memeriksa dua tingkat cache lagi dalam perjalanan ke memori. Penggunaan cache Infinity hanya menambahkan 20ns dari L2 hit dan masih lebih cepat dari Ampere NVIDIA.

Alasan yang dinyatakan adalah bahwa GPU GA102 berbasis NVIDIA Ampere hanyalah GPU yang jauh lebih besar dan meskipun menggunakan subsistem memori GPU yang lebih konvensional dengan hanya dua tingkat cache, ia harus mengambil banyak siklus dan menghasilkan latency lebih dari 100ns (L1 ke L2). RDNA 2 di sisi lain memiliki latency hanya 66ns. Perhatikan bahwa GPU AMD Navi 21 jauh lebih kecil & memiliki 4 MB L2 cache sedangkan GPU NVIDIA GA102 memiliki 6 MB L2 cache untuk seluruh chip. GPU NVIDIA A100 Ampere untuk HPC memiliki cache L2 sebesar 40 MB.

Dibandingkan dengan chip Pascal dan Maxwell yang lebih lama, Ampere architecture telah menghasilkan kecepatan latency yang sangat meningkat pada GPU yang jauh lebih besar. AMD di sisi lain telah menunjukkan beberapa keunggulan yang mengesankan melawan chip berbasis GCN dan VLIW architecture yang lebih tua. Angka-angka ini pasti akan menarik untuk perbandingan setelah putaran baru GPU berbasis chiplet menyentuh segmen gaming di tahun-tahun mendatang.

About The Author

Related posts

Leave a Reply