June 13, 2021

  • Instagram

5 Cara Mencegah PC Menyetrum dan Penyebabnya

Ilustrasi komputer | Tranmautritam dari Pexels

1. Alirkan Listrik ke Tembok

Cara mencegah PC nyetrum yang penting dilakukan yakni mengalirkan listrik pada tembok. Bagaimana langkahnya?

a. Siapkan bahan berupa satu buah paku dengan ukuran sekitar 10 hingga 12 cm.

b. Kemudian persiapkan kabel listrik sepanjang 1 meter.

c. Setelah itu, kupas ujung kabel listrik.

d. Ikat ujung kabel ke bagian belakang paku.

e. Ada baiknya, PC sudah diletakkan di atas meja agar hasilnya lebih maksimal.

f. Kemudian, ikat kabel serta paku tadi di bagian baut power suply atau bagian listrik PC.

g. Lalu yang terakhir tanam paku ke tembok atau lantai.

2. Ganti Power Supply

Kemudian, cara mencegah PC nyetrum selanjutnya yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengganti power supply. Power supply yang mengalami kebocoran tentu sangat membahayakan komputer serta keselamatan penggunanya.

Apabila nekat untuk tidak mengganti power supply, maka bisa menimbukan risiko komponen PC akan rusak. itulah mengapa ada baiknya untuk menggant dengan power supply baru.4 dari 7 halaman


3. Tempel CPU ke Dinding

Bagian CPU pada PC memang menjadi salah satu penyebab mengapa kamu bisa tersetrum. Cara mencegah PC nyetrum ini sangat mudah, karena hanya menempelkan CPU ke bagian dinding saja. Dengan cara mencegah PC nyetrum ini, aliran arus istrik yang mengalir pada CPU bisa langsung diteruskan ke tembok sehingga kamu akan terhindar dari setrum yang bisa membahayakan.5 dari 7 halaman


4. Pakai Alas Kaki

Selain beberapa cara di atas, cara mencegah PC nyetrum juga bisa dilakukan dengan mudah. Yaitu dengan menggunakan alas kaki. Dengan menggunakan alas kaki, maka akan mencegah listrik mengaliri tubuhmu.6 dari 7 halaman


5. Pasang Karpet

Konsep dari cara mencegah PC nyetrum ini sama halnya dengan penggunaan alas kaki. Dengan menggunakan karpet di ruangan PC, akan mencegah dari listrik mengalir melalui tubuhmu. Jika memang tidak memungkinkan melapisi seluruh ruangan dengan karpet, cukup letakkan karpet di area PC dan di mana kakimu berpijak. Pastikan saat menyentuh PC, kakimu tidak berada di lantai.

Itua tadi beberapa cara mencegah PC nyetrum yang bisa dilakukan. Namun, tentunya tidak lengkap apabila kamu tidak mengetahui apa sebenarnya penyebab PC nyetrum tersebut. Pasalnya, hal tersebut bisa jadi indikasi jika ada yang tidak beres pada bagian PC.7 dari 7 halaman


Penyebab PC Nyetrum

Ada beberapa penyebab PC nyetrum, yang ternyata bisa dikarenakan beberapa hal. Berikut penyebab PC nyetrum, antara lain:

Power Supply Bocor

Sempat disinggung di awal, jika cara mencegah PC nyetrum dengan mengganti power supply. Adanya power supply sendiri dapat membantu mengoperasikan beragam komponen yang ada di dalam komputer. Dengan kata lain, kehadiran power supply ini punya fungsi untuk memberi sumber daya listrik pada perangkat komputer. Lalu, jika ada power supply, maka arus listrik AC bisa dirubah jadi arus DC.

Mengingat, sangat rentan adanya motherboard yang langsung tersambung dengan power supply dan memiliki daya yang sangat besar, tak ayal hal tersebut dapat mengakibatkan adanya kebocoran di dalam bagian casing CPU, di mana hal tersebut yang akan membuat perangkat PC jadi nyetrum ketika kamu sentuh.

Sistem Grounding Buruk

Penggunaan grounding yang baik akan membantu untuk alirkan arus listrik yang berlebihan supaya tidak menimbulkan efek buruk bagi pengguna. Sayangnya, penggunaan sistem grounding ini di Indonesia masih kurang diperhatikan dan banyak yang menyepelekan hal ini.

Hal tersebut bisa tampak dari ada banyaknya kabel kelistrikana yang masih berseliweran di lantai. Padahal, penting untuk diketahui apabila kabel tersebut terinjak atau terkena aliran listrik ke lantai bisa jadi hal yang sangat berbahaya.

Namun, jika memang berbaga cara mencegah PC nyetrum di atas tidak membuatmu nyaman dalam menggunakan PC, mungkin kamu bisa beralih ke penggunaan laptop. Selain lebih ringkas, penggunaan laptop juga lebih aman dari adanya setrum yang mengaliri tubuhmu dengan tidak sengaja. Semoga tips di atas bermanfaat, ya.

About The Author

Related posts

Leave a Reply