June 13, 2021

  • Instagram

APU Desktop AMD Zen 5 Ryzen Dengan codename Strix Point, Menampilkan Hybrid Core Architecture pada 3nm Process Node

Detail pertama mengenai CPU & APU Desktop Ryzen ‘Strix Point’ berbasis next-generation Zen 5 dari AMD telah beredar di web. Sepertinya penerus Zen 4 akan memiliki beberapa perubahan besar pada consumer CPU & APU lineups.

Informasi yang dilaporkan oleh Moepc menyatakan bahwa sementara Phoenix APUs berbasis Zen 4 diperkirakan tahun depan untuk platform desktop dan mobility, next-generation Zen 5 APUs sudah dalam tahap desain & pengembangan awal. Sesuai rumor yang beredar, APU Desktop AMD Ryzen berbasis Zen 5 cores akan dikenal sebagai Strix Point.

Chip AMD Zen 5 akan dibuat pada 3nm process node baru sedangkan chip Zen 4 akan didasarkan pada 5nm process node. Architecture memang akan banyak mengalami perubahan dari segi desain. Dinyatakan oleh sumber tersebut bahwa AMD melakukan perombakan architectural yang lebih besar untuk Zen cores architectures ganjil sementara core Zen genap mendapatkan pengoptimalan yang lebih baik. Dinyatakan bahwa APU Strix Point berbasis Zen 5 diperkirakan menjadi bagian dari Ryzen 8000 family tetapi mereka akan menyertakan satu perubahan besar.

Perubahan itu adalah masuknya hybrid architecture design. Sama seperti CPU Alder Lake yang diluncurkan akhir tahun ini, Zen 5 architecture dikatakan sebagai yang pertama memiliki fitur big. LITTLE-esque design. APU AMD Strix Point Ryzen diperkirakan menampilkan 8 core Zen 5 besar dan 4 core yang lebih kecil tetapi tidak ada informasi tentang apa core itu. Untuk Intel, mereka akan menggunakan core Atom x86 mereka sebagai core yang lebih kecil yang tidak memiliki dukungan SMT sedangkan core yang lebih besar akan didasarkan pada x86 Cove architecture dan menampilkan fitur dukungan SMT.

AMD Strix Point APU pertama dikabarkan akan debut pada tahun 2024 tetapi kita dapat melihat rilis jajaran desktop yang diluncurkan lebih awal karena mainstream CPUs diluncurkan beberapa bulan sebelum peluncuran APU. CPU dan APU Zen 5 Ryzen juga diatur untuk menampilkan beberapa perubahan subsistem memori yang sangat besar sehingga kita dapat mengharapkan IMC baru dan cache yang didesain ulang. CPU / APU Desktop Zen 4 akan memperkenalkan RDNA 2 GPU architecture on-board sehingga ke depannya, kita dapat melihat Infinity Cache subsystems untuk processor Ryzen juga.

Jelas, ini masih terlalu dini karena kita berbicara tentang chip yang masih bertahun-tahun lagi dari peluncuran sehingga diharapkan spesifikasi akhir berubah tetapi akan menarik, bagaimanapun, untuk melihat hybrid architecture dari AMD untuk berhadapan Intel’s mainstream CPU.

About The Author

Related posts

Leave a Reply