September 26, 2021

  • Instagram

AMD RDNA 3 Based Navi 33 GPU Untuk Next-Gen Radeon RX Graphics Cards Dapat Menampilkan 80 Compute unit & 5120 Core

Rumor seputar next-generation AMD RDNA 3 ‘Navi 3X’ GPUs telah mulai datang ke web karena leaker terpercaya, KittyYuko, yang memposting informasi akurat untuk GPU Ampere beberapa bulan sebelum rilis, kini telah memposting spesifikasi pertama yang diduga untuk GPU AMD Navi 33 yang akan memberi daya pada next-generation Radeon RX gaming graphics cards.

Menurut KittyYuko, GPU AMD Navi 33 diduga akan menampilkan spesifikasi yang sama dengan GPU Navi 21 tetapi akan didasarkan pada next-generation RDNA 3 GPU IP core. Ini berarti kita akan mendapatkan kinerja yang sama dengan GPU Big Navi 21 (RDNA 2) yang ada di mainstream graphics cards di masa depan. Ini terdengar terlalu bagus untuk menjadi suatu kenyataan tetapi mengingat bahwa AMD telah menjanjikan peningkatan kinerja yang besar dengan jajaran Radeon RX graphics cards RDNA 3, ini mungkin memang benar.

Baca juga:   Tanggal Rilis Final Fantasy Pixel Remaster dan detail lainnya terungkap

Untuk spesifikasinya, jika Navi 33 mirip dengan Navi 21, maka kita dapat mengharapkan total 80 compute unit yang akan mengemas total 5120 stream processors jika AMD mempertahankan jumlah per CU core menjadi 64 SP seperti chip yang ada. Sekarang yang menarik adalah rumor sebelumnya telah mengisyaratkan bahwa GPU Navi 31 juga akan menampilkan 80 compute unit tetapi akan didasarkan pada RDNA 3 IP yang baru. Sepertinya rumor 80 CU juga mungkin benar, tetapi itu bukan spesifikasi lengkap yang akan ditawarkan chip tersebut.

Chip AMD Navi 31 akan berakhir dengan MCM solution dan fitur dual 80 Compute Unit chiplet dies, dan masing-masing akan menampilkan 5120 core. Ini akan membulatkan hingga maksimal 160 Compute Units & total 10.240 streaming processor. Jika itu yang terjadi (& terlihat lebih dari sebelumnya), maka kita pasti bisa mengharapkan 80 CU Navi 33 part. SKU Navi 32 bisa berakhir dengan sekitar 120-140 CU dan itu juga bisa menjadi desain modul multi-chip.

Baca juga:   Nvidia GeForce RTX SUPER Mobile Resmi Dirilis, Potensi Kinerja Semakin Superior

Ini akan membuat desain GPU yang sangat kuat dan kita juga dapat mengharapkannya untuk didasarkan pada process node baru seperti 5nm TSMC. AMD telah mematenkan active bridge chiplet solution untuk GPU generasi berikutnya yang dilengkapi dengan integrated cache dan menghubungkan beberapa dies yang ditampilkan pada GPU Navi 3X (RDNA 3).

Jajaran GPU AMD RDNA 3 ‘Navi 3’ dari Radeon RX graphics cards akan bersaing dengan GPU MCM milik NVIDIA yang didasarkan pada Ada Lovelace GPUs.

Baca juga:   Spesifikasi Akhir Intel Core i9-11900K, Core i7-11700K, Core i5-11600K Rocket Lake Desktop CPU Bocor

About The Author

Related posts

Leave a Reply