June 13, 2021

  • Instagram

AMD RDNA 3 based Navi 31 Flagship Gaming GPU Untuk Radeon RX Graphics Card Dikabarkan Hampir 3x Lebih Cepat Dari Big Navi RDNA 2

Sepertinya AMD’s next-generation RDNA 3 ‘Navi 3X’ GPUs untuk Radeon RX Gaming graphics cards akan menampilkan peningkatan kinerja gen-over-gen yang jauh lebih besar. Melanjuti kisah AMD Navi 33 GPU, KittyYuko kini telah mengungkapkan bahwa flagship Navi 31 GPU akan menjadi salah satu chip yang sangat kuat.

Seperti GPU Navi 33 yang kami laporkan kemarin, GPU AMD Navi 31 juga akan berbasiskan RDNA 3 (GFX11) GPU IP. GPU Navi 31 akan menggantikan flagship Navi 21 GPU saat ini dan akan menjadi hampir dua kali lebih besar mengingat akan menampilkan desain dual-chiplet. Kita semua berpikir tentang GPU Big Navi (21) saat ini sebagai chip yang sangat kuat tetapi berdasarkan rumor yang kita dengar sekarang untuk next-gen part, GPU Big Navi (31) akan membuat kita melupakan part yang sekarang.

Dalam sebuah balasan kepada Paul Eccleston dari RedGamingTech, KittyYuko menyatakan bahwa peningkatan kinerja 2,5x untuk AMD RDNA 3 based Navi 31 GPU terlalu kecil. Ini menunjukkan bahwa flagship generasi berikutnya bisa berakhir hampir 3 kali lebih cepat daripada GPU Navi 21. Sebagai perbandingan, GPU Navi 21 yang ada memiliki fitur 80 compute unit atau 5120 streaming processor. Chip ini juga dilengkapi Infinity Cache dan memiliki ukuran die 520mm2 pada 7nm process node.

Rumor sebelumnya tentang Navi 33 mainstream chip mengungkapkan bahwa itu akan menggantikan penawaran RX 6800 dan RX 6900 (RDNA 2 Big Navi 21 GPU) dengan core count yang sama dan flagship ini akan membawa segalanya ke level berikutnya. Anda akan mendapatkan dual 80 Compute Unit die, masing-masing menampilkan 5120 stream processors dengan total 10.240 stream processors. AMD RDNA 3 based Radeon RX GPU SKUs juga akan didasarkan pada process node baru dari TSMC, dilaporkan 5nm, yang akan menghasilkan penghematan ruang die. Dibandingkan dengan TSMC 7nm node, N5P (5nm) memberikan peningkatan kecepatan 15% atau pengurangan konsumsi daya sekitar 30%.

AMD telah mematenkan active bridge chiplet solution untuk next-generation GPUsyang dilengkapi dengan  integrated cache dan menghubungkan beberapa die yang ditampilkan pada GPU Navi 3X (RDNA 3). Detail lain dari RedGamingTech menyarankan bahwa GPU AMD Navi 31 akan menampilkan kinerja ray tracing yang mirip dengan GPU Ampere NVIDIA sementara kemampuan Pembelajaran Mesin untuk teknologi seperti FiedilityFX Super Resolution akan ditangani oleh low-precision ops daripada hardware khusus seperti Tensor Cores pada GPU NVIDIA.

About The Author

Related posts

Leave a Reply