September 26, 2021

  • Instagram

AMD Ryzen 6000 ‘Rembrandt’ APUs Akan Menampilkan 6nm Zen 3+ CPU Cores & Hingga 12 RDNA 2 GPU Compute Units

Detail baru mengenai jajaran AMD Ryzen 6000 Rembrandt APU berdasarkan Zen 3+ architecture telah dilaporkan oleh leaker terkemuka, ExecutableFix. Sesuai tweet terbarunya, sepertinya Jajaran 4th Gen Ryzen Rembrandt APU akan menjadi satu-satunya family yang menampilkan AMD Zen 3+ core archiutecture.

Sesuai detail baru, AMD’s next-generation Rembrandt Ryzen APUs terbaru akan didasarkan pada Zen 3+ and RDNA 2 GPU cores. Tapi ini bukan sembarang Zen 3 / RDNA 2 cores, roadmap juga menyebutkan bahwa chip akan didasarkan pada 6nm process node. AMD diduga untuk mempertahankan TSMC sebagai pilihan hebatnya untuk CPU Rembrandt dan dengan demikian, kita dapat mengharapkan kepadatan sekitar 20% lebih tinggi dengan konsumsi daya yang lebih baik pada node yang ditingkatkan.

Baca juga:   Intel Lakefield Core i5-L16G7 : Bocoran Performance Benchmarks

AMD Zen 3+ telah dinyatakan sebagai evolusi dari Zen 3 core architecture yang ada. Ini akan membawa berbagai optimasi proses dan peningkatan clock speed tetapi desain yang mendasarinya akan tetap sama. Architecture awalnya dikabarkan untuk desktop release akhir tahun ini tetapi laporan baru menunjukkan bahwa itu telah dibatalkan untuk mendukung refresh standar, mirip dengan CPU Ryzen 3000XT (Zen 2).

AMD juga akan menampilkan GPU Navi 2 berbasis RDNA 2 pada Rembrandt Ryzen APU. Jajaran Ryzen 6000 dari Rembrandt APU dikatakan menawarkan hingga 12 Compute Units. Ini berarti kita akan mendapatkan hingga 768 stream processor, lompatan 50% dari Cezanne parts yang menampilkan 512 stream processor berdasarkan Vega graphics architecture yang lebih lama. Selain architectural update, kita juga dapat mengharapkan RDNA 2 iGPU untuk menampilkan frekuensi clock yang mengesankan seperti yang terlihat pada desktop graphics cards. AMD diharapkan untuk membawa RDNA 2 graphics IP di APU Phoenix Ryzen 7000 berbasis Zen 4 dan akhirnya pindah ke IP RDNA baru di APU Strix Point berbasis Zen 5.

Baca juga:   Respon AMD Tentang Pencurian Source Code Graphic Card Milik Mereka

Selain teknologi core, AMD juga akan menampilkan sistem CVML (Compute Vision & Machine Learning “onboard chip Rembrandt untuk kemampuan AI yang lebih baik yang secara langsung menargetkan Intel future-gen AI-enabled chips pada segmen desktop dan notebook.

Fitur menonjol lainnya dari APU Rembrandt Ryzen dari AMD akan mencakup dukungan untuk dukungan PCIe Gen 4 dan LPDDR5/DDR5 memory. APU Rembrandt akan menampilkan DDR5-5200 memory support, 20 PCIe Gen 4 lane, dan dua USB 4 (40 Gbps) ports.

AMD Ryzen 6000 (Rembrandt) APU mungkin menjadi APU family pertama yang menggunakan AM5 socket. Socket baru akan memungkinkan dukungan penuh untuk chip tersebut bersama dengan fitur-fitur seperti dukungan memori DDR5. Rembrandt desktop APUs akan diluncurkan sekitar awal 2022 sehingga platform AM5 seharusnya keluar pada saat itu.

Baca juga:   MSI Meluncurkan 11th Gen Intel Rocket Lake Powered Gaming Desktop PCs Dengan GPU NVIDIA GeForce RTX 30 & Resizable BAR Support

About The Author

Related posts

Leave a Reply