June 13, 2021

  • Instagram

Intel Alder Lake S Akan Datang Pada November 2021

Jadi kami mendapat update dari sumber kami dan sepertinya Alder Lake akan menjadi salah satu transisi paling menarik dalam industri PC untuk beberapa waktu. Banyak info yang kami miliki akan berfungsi sebagai konfirmasi kebocoran sebelumnya dan ada juga beberapa info baru: kami tahu kapan Intel berencana meluncurkan CPU Alder Lake.

Tahu bagaimana AMD membutakan Intel dengan pengenalan PCIe 4.0 dan bagaimana untuk waktu yang paling lama Intel tidak memiliki PCIe 4.0 untuk bersaing dengan Ryzen? Yah, sepertinya Intel mengambil langkah dari buku AMD karena perusahaan berencana untuk menjadi yang pertama memasarkan dengan PCIe 5.0 dan DDR5. Beberapa minggu terakhir ini Intel telah memberi pengarahan kepada mitra tentang peluncuran Alder Lake dan meskipun PCIe 5.0 harus didukung secara universal, tidak semua papan mungkin mendapatkan opsi DDR5.

Intel Alder Lake akan mendukung DDR5 memory tetapi juga mendukung DDR4 sehingga terserah pada vendor motherboard untuk mengaktifkan support yang mereka inginkan. DDR5 dan DDR4 tidak dapat didukung secara bersamaan pada waktu yang sama – jadi AIB harus memilih berdasarkan SKU per SKU. Motherboard kelas bawah mungkin tetap menggunakan standar DDR4 yang lama. DDR5 memory juga terbatas dan mungkin belum sepenuhnya ditingkatkan pada saat Alder Lake diluncurkan, jadi kami menduga hanya high-end motherboards yang menampilkan ini.

Perusahaan telah memberi tahu mitra bahwa rencananya untuk meluncurkan Alder Lake S pada November 2021. Seperti semua timelines, ini dapat bergerak mundur atau maju tergantung pada beberapa variabel, tetapi untuk saat ini hal ini telah dikomunikasikan kepada mitra dan sebagian besar telah pasti.

Perubahan penting lainnya dengan Alder Lake adalah bahwa die akan berukuran persegi panjang sehingga socket LGA 1700 akan sangat berbeda dengan LGA yang sudah ada. Ini juga berarti akan membutuhkan pendingin baru karena yang lama tidak akan bisa dipasang ke socket baru. Kami juga mendengar bahwa Intel telah memutuskan untuk mengambil halaman lain dari buku AMD dan akan menggunakan platform-agnostic socket philosophy (meskipun yang ini belum ditetapkan) dengan generasi mendatang yang didukung pada socket yang sama (seperti AMD’s AM4 / AM5).

Alder Lake dari Intel akan memperkenalkan filosofi desain big.LITTLE dan akan menggunakan Apple M series headshot. Sementara Intel Tiger Lake parts dapat dengan mudah mengalahkan M1 dalam kinerja single-core (Cinebench) dan 8 core TGL Intel yang akan datang diperkirakan dapat mengalahkannya dalam multicore juga – perusahaan masih tertinggal dalam efisiensi daya. Alder Lake’s small cores akan dapat menyelesaikannya juga dan kita mungkin melihat perusahaan mengambil kembali mahkota perf / watt juga. Tak perlu dikatakan, pasar PC akan menjadi sangat menarik sebelum tahun berakhir.

About The Author

Related posts

Leave a Reply