September 28, 2021

  • Instagram

AMD Radeon RX 6600 series dilengkapi dengan 8GB GDDR6 memory dan PCIe Gen4 x8 interface

Beberapa informasi eksklusif tentang mid-range Navi 23 based graphics cards mendatang dari AMD telah diungkapkan oleh Igor Wallossek.

AMD akan segera meluncurkan graphics card ketiganya berdasarkan RDNA2 architecture. entry-level solution ini jelas lebih cocok untuk mobile market, di mana light 1080p gaming and multimedia use sangat populer. Namun, GPU juga akan diluncurkan untuk pasar desktop di bawah Radeon RX 6600 series. Meskipun ukurannya kecil, GPU diatur untuk bersaing dengan RDNA1 based Radeon RX 5700 series yang sangat populer dari AMD berkat berbagai pengoptimalan yang datang dengan RDNA2 architecture.

Menurut Igor’sLAB, AMD Navi 23 memiliki ukuran die 235.76mm2. Ini adalah 35x35mm package dengan fitur die yang diputar sebesar 45o. Tidak ada yang berbeda dari biasa di sini. GPU ini akan hadir dalam berbagai power brackets mulai dari 90W hingga 65W (Total Graphics Power).

Baca juga:   Ryzen 7 Pro 4750G Diduga Menunjukkan Performa Yang Sama Dengan Ryzen 7 3800XT

Igor juga bisa mendapatkan akses ke BIOS dari Navi 23 Mobile Radeon SKU. Dengan demikian, kita dapat melihat clock speed maksimum yang jauh lebih rendah daripada varian desktop (2350 MHz vs 2684 MHz yang dirumorkan).

Sejauh ini, bagian paling menarik dari kebocoran Igor’sLAB adalah konfirmasi pada memori dan interface data. Graphics card yang didasarkan pada Navi 23 memiliki memori maksimum sebesar 16GB, tetapi konfigurasi seperti itu akan membutuhkan modul 16Gbit (2GB), yang terdengar seperti pemborosan untuk entry-level SKU ini. Saat ini, jelas bahwa kedua model Radeon RX yang dikatakan memiliki fitur Navi 23 berukuran 8GB. Model berkapasitas lebih tinggi mungkin tiba dengan seri Radeon Pro suatu saat nanti.

datasheet yang dapat diakses Igor mengungkapkan bahwa Radeon RX 6600 series memang akan memiliki PCIe Gen4 interface, yang tidak mengherankan sama sekali, tetapi juga menegaskan bahwa kartu tersebut akan mengandalkan x8 width dari interface. entry-level model ini tidak memerlukan x16 interface penuh, karena bandwidth PCIe Gen4 sudah sebagus pada PCIe 3.0 x16.

Kami telah belajar sedikit tentang Radeon RX 6600 series dalam beberapa minggu terakhir. SKU ini akan diluncurkan pada akhir kuartal ini, yang sangat mempromosikan ide bahwa kita mungkin mendengar tentang Navi 23 graphics card di Computex.

Baca juga:   GIGABYTE Umumkan Update Bios Terbaru Untuk Motherboard B560 AORUS, Siap Dukung Fitur OC Loh!

About The Author

Related posts

Leave a Reply