October 19, 2021

  • Instagram

Intel Mengonfirmasi Sapphire Rapids Akan Menggunakan Golden Cove

Ketika Intel mengumumkan public CPU dan CPU microarchitecture roadmap Agustus lalu, ia tidak secara resmi mengonfirmasi bahwa processor Sapphire Rapids yang akan datang akan menggunakan microarchitecture Golden Cove yang akan datang. Untuk beberapa alasan, Intel diam di depan umum tentang fakta ini selama berbulan-bulan dan baru minggu ini mengumumkannya secara publik.

“Sapphire Rapids menggunakan Golden Cove, bukan Willow Cove,” kata Andi Kleen, Linux engineer di Intel.

Desain CPU cores (yang bergantung pada microarchitecture) terkait erat dengan proses fabrikasi (dan sebaliknya) karena menentukan kinerja transistor, pengiriman daya, dan konsumsi daya. Porting suatu processor core dari satu node ke node lain dimungkinkan, tetapi umumnya bukan ide yang bagus karena karakteristik kinerja dan daya berubah secara signifikan. Misalnya, karena Intel Ice Lake / Willow Cove core pada awalnya dikembangkan untuk teknologi manufaktur 10 nm generasi kedua perusahaan, Intel tidak pernah memindahkan CPU Ice Lake-SP ke 10 nm SuperFin process yang lebih canggih.

Baca juga:   AMD Radeon RX 6700 XT 12 GB Graphics Card - Lebih Cepat Dari GeForce RTX 3070 Dengan 2560 Core & Infinity Cache

Intel memang sudah selalu merencanakan untuk menggunakan 10 nm Enhanced SuperFin node untuk Alder Lake processor berdasarkan Golden Cove microarchitecture untuk client PC serta CPU Sapphire Rapids untuk server dan data centers. Untuk itu, konfirmasi bahwa CPU Intel 2021 berkinerja tinggi didasarkan pada Golden Cove bukanlah kejutan sama sekali.

Rincian tidak resmi terbaru tentang Intel’s fourth Generation Xeon Scalable “Sapphire Rapids” menunjukkan bahwa CPU dapat memiliki 72 hingga 80 core, peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan processor third Generation Xeon Scalable ‘Ice Lake-SP’ yang memiliki hingga 40 core. Selain itu, CPU baru akan mendukung PCIe 5.0 interface dengan CXL 1.1 di bagian atas serta DDR5 dan HBM2E memory.

Baca juga:   AMD Ryzen Threadripper 3990X 64 Core Mengungguli Xeon Dual Platinum 8280 ‘CPU Cascade Lake’

About The Author

Related posts

Leave a Reply