June 13, 2021

  • Instagram

Intel Alder Lake 14 Core & 20 Thread Desktop CPU Sample telah Terlihat, Diuji Dengan 64 GB DDR5 Memory

CPU Desktop Intel Alder Lake telah terlihat dalam benchmark Geekbench 5 yang mengemas 14 core dan 20 thread. Chip tersebut adalah salah satu dari banyak engineering samples dari Alder Lake lineup yang telah kami lihat sejauh ini dan kita juga dapat melihat beberapa hasil kinerja yang sangat awal.

CPU Desktop Intel Alder Lake-S yang diuji di sini jelas merupakan engineering sample yang sangat awal. Untuk spesifikasi, kita melihat 14 core dan 20 threads. Konfigurasi core dan threads ini dimungkinkan melalui 6 + 8 SKU. 6 core yang lebih besar didasarkan pada Golden Cove architecture dengan 12 threads dan 8 core yang lebih kecil didasarkan pada Gracemont architecture dengan 8 threads. Adapun spesifikasi lainnya, kita melihat cache L3 sebesar 24 MB. Chip seharusnya menampilkan 10 MB cache L2 (seperti yang dilaporkan dengan detail CPU dies) dan bukan 2 MB.

Dalam hal clock speed, chip ini memiliki 1.40 GHz base clock sedangkan peningkatan 27,2 GHz adalah laporan yang salah oleh Geekbench software yang belum diperbarui untuk mendukung chip Intel Alder Lake. CPU Alder Lake diuji pada motherboard RVP Alder Lake-P dengan 64 GB dari DDR5 memory. Mengingat ini adalah reference Alder Lake test platform, kecepatan untuk DDR5 memory seharusnya dipertahankan pada DDR5-4800.

Datang ke tes kinerja, ada tiga daftar sampel khusus ini yang menunjukkan skor single-core hingga 1298 poin dan skor multi-core hingga 9040 poin. Skor single-core menempatkan chip tersebut setara dengan AMD Ryzen 9 3950X sedangkan skor multi-core hampir sama dengan Ryzen 7 3800XT. CPU tidak mendekati chip Zen 3 atau Rocket Lake tetapi kita harus memperhitungkan clock speed yang jauh lebih rendah. Dengan clock yang ditingkatkan, kita dapat melihat peningkatan besar dalam kinerja secara keseluruhan.

Kami tahu bahwa sampel yang lebih cepat ada dengan 16 core, 24 thread, dan clock speed hingga 4,6 GHz, tetapi kami belum melihat benchmarknya. Kita harus menunggu beberapa bulan sebelum kita dapat melihat hasil kinerja yang lebih konkret yang akan memberikan gambaran yang jelas tentang seberapa baik pendekatan hybrid architecture Intel berjalan di segmen consumer desktop. Beberapa manufacturer juga mengevaluasi modul memori DDR5 mereka dengan platform Alder Lake sehingga kita akan melihat lebih banyak kebocoran yang akan datang di masa depan.

About The Author

Related posts

Leave a Reply