June 13, 2021

  • Instagram

NVIDIA Ada Lovelace ‘GeForce RTX’ & AMD RDNA 3 ‘Radeon RX’ Next Generation GPU Dirumorkan Dua Kali Lebih Cepat Dari Ampere & RDNA 2

Informasi mengenai next-generation GPUs dari NVIDIA dan AMD telah dirumorkan oleh leaker handal, Kopite7kimi. Berdasarkan tweet terbarunya, tampaknya AMD dan NVIDIA akan menawarkan peningkatan kinerja dua digit dengan next-generation GeForce RTX and Radeon RX graphics cards.

Dalam tweet-nya, Kopite7kimi melaporkan bahwa dia telah menerima tip dari sumbernya dan sementara leaker memiliki track record yang benar-benar sempurna dengan kebocoran, kami tetap menyarankan untuk menerima info ini tidak secara mentah mentah karena produk ini masih lebih dari setahun lagi. dari peluncuran dan perkiraan kinerja dapat berubah secara dramatis setelah kita mendekati titik waktu tersebut. Dengan demikian, leaker menyebutkan perkiraan kinerja dan beberapa spesifikasi untuk next-generation AMD dan NVIDIA GPUs.

Dimulai dengan detailnya, dilaporkan bahwa next-generation GPUs kemungkinan besar akan didasarkan pada 5nm process node dan akan menggunakan desain TSMC atau Samsung. key architecturesy ang telah dibahas termasuk NVIDIA Ada Lovelace (AD102), Hopper (GH202), dan RDNA 3 (Navi 3X). Berdasarkan detailnya, tampaknya Ada Lovelace akan menjadi transisi kecil secara arsitektural dari Ampere, namun akan membawa peningkatan performa yang sangat besar sementara Hopper akan menjadi revolusi yang telah ditunggu-tunggu oleh NVIDIA, baik dari segi desain (power / package). ) dan kinerja (raster / ray-tracing).

Kopite7kimit percaya bahwa dengan next-generation cards, kita kemungkinan akan mendapatkan hingga 100 TFLOP dari FP32 compute power dalam satu graphics card. Kedengarannya agak terlalu optimis tetapi mengingat bahwa GPU saat ini mengandalkan compute models yang lebih cepat dan efisien, 100 TFLOP tidak terdengar terlalu berlebihan dan kami dapat melihat sparsity model untuk chip khusus konsumen untuk meningkatkan kinerja komputasi mereka dengan margin yang besar.

Dalam hal angka kinerja, NVIDIA Ampere GA102 architecture digunakan sebagai garis dasar. Dibandingkan dengan itu, chip NVIDIA Ada Lovelace (AD102) dikatakan menawarkan peningkatan kinerja 2,2x sementara AMD RDNA 3 (Navi 3X) dikatakan menawarkan peningkatan kinerja lebih dari 2,5x lipat.

Ada beberapa rumor yang menyatakan bahwa  RDNA 3 GPUs yang akan datang akan mengungguli apa pun yang ditawarkan NVIDIA dalam hal rasterization performance. Sepertinya AMD akan memimpin dengan menawarkan GPU bertenaga MCM pertama di bawah jajaran Radeon RX graphics card-nya. Tetapi pada saat yang sama, NVIDIA diperkirakan dapat dengan cepat beralih ke Hopper MCM GPU lineup yang akan menawarkan peningkatan kinerja lebih dari 3x lipat dari GPU Ampere.

NVIDIA & AMD GPU Roadmaps:

Dinyatakan bahwa salah satu hambatan utama untuk next-generation GPUs AMD dan NVIDIA adalah bandwidth memori. GDDR6X tidak akan dapat memotongnya sehingga kita mungkin melihat kembali ke HBM atau standar memori GDDR yang lebih baru yang tersedia sekitar 2022-2023. Kemungkinan GPU maker akan berinvestasi lebih banyak dalam cache yang mendekati GPU seperti Infinity Cache yang ditampilkan pada RDNA 2 graphics card untuk melewati hambatan bandwidth dan menghemat biaya.

NVIDIA / AMD GPU Roadmap (Rumor)

201920202021202220232024
AMD (RDNA 1)AMD (RDNA 2)N/AAMD (RDNA 3)N/AAMD (RDNA 4)?
NVIDIA (Turing Refresh)NVIDIA AmpereN/ANVIDIA Ada LovelaceN/ANVIDIA Hopper

Kopite7kimi juga mengisyaratkan beberapa detail spesifikasi chip NVIDIA Ada Lovelace beberapa waktu lalu yang bisa anda lihat spesifikasi di tabel yang disediakan di bawah ini:

NVIDIA Lovelace AD102 Rumored GPU Specifications

GPUAD102GA102TU102
ArchitectureAda LovelaceAmpereTuring
Process5nmSamsung 8nmTSMC 12nm NFF
Graphics Processing Clusters (GPC)1276
Texture Processing Clusters (TPC)724236
Streaming Multiprocessors (SM)1448472
CUDA Cores18432107524608
Theoretical TFLOPs64.537.616.1
Release2022 (TBC)Sept. 19Mar. 2017

Sedangkan untuk GPU AMD Navi 31, sebelumnya dikabarkan menawarkan kinerja lebih dari 2.5x oleh KittyYYuko yang juga sama andalnya dengan Kopite7kimi dalam GPU leak. Sedangkan untuk Hopper, dikatakan tertunda untuk mendukung Ada Lovelace beberapa waktu lalu, tetapi sekali lagi, ada kemungkinan kita dapat melihat GPU AD10 * dan GH20 * untuk diperkenalkan satu sama lain namun roadmap NVIDIA sendiri menyebutkan bahwa ‘ Ampere Next Next ‘GPU tidak akan tersedia hingga tahun 2024.  

About The Author

Related posts

Leave a Reply