September 28, 2021

  • Instagram

AMD next-gen AM5 platform to dengan fitur LGA1718 socket

Detail mengenai platform Desktop AMD AM5 yang akan mendukung CPU dan APU Ryzen di masa depan telah bocor oleh ExecutableFix. Platform AMD AM5 akan bersaing langsung dengan platform Intel 600-series dengan keduanya menjadi yang pertama menawarkan DDR5 memory support kepada konsumen.

Menurut bocoran tersebut, next-generation AMD AM5 socket mendatang akan menjadi peningkatan platform terbesar dalam beberapa tahun untuk AMD. AM4 socket sejauh ini telah bertahan selama empat generasi dari Zen architecture dimulai dengan Zen, Zen +, Zen 2, dan Zen 3 parts yang sudah ada. Dimulai dari Zen 4, AMD akan memiliki platform AM5 baru yang siap untuk mendukung CPU dan APU Desktop Ryzen di masa depan.

Baca juga:   Modus Penyelundupan Ratusan Prosesor Bernilai Rp 1,8 Miliar, Ditempel di Sekujur Badan

Salah satu perubahan terbesar yang disebutkan pada AM5 platform adalah peralihan dari socket PGA ke socket LGA. Platform AM5 akan menampilkan LGA 1718 socket dan seperti namanya, itu akan terdiri dari 1718 pin yang akan melakukan kontak dengan CPU. Itu sebenarnya 18 pin lebih banyak daripada Intel LGA 1700 socket yang akan mendukung next-generation Alder Lake CPUs. Itu berarti bahwa kita tidak akan melihat lagi chip Desktop Ryzen dengan pin di bawahnya tetapi sebaliknya, kita akan melihat contact pads (gold) mirip dengan yang ada di bawah CPU Desktop Intel.

Baca juga:   Intel Gen12 Xe Graphics Melampaui Vega AMD dalam Kinerja GPU

Fitur lain dari platform AM5 termasuk 600-series chipset lineup baru. X670 PCH seharusnya menjadi penawaran flagship, menggantikan X570. Motherboard X670 akan menampilkan dukungan untuk dual-channel DDR5 memory dengan native speed mulai dari 4800 dan terus hingga 10.000 seperti yang diisyaratkan oleh DRAM manufacturers. Satu hal yang menarik adalah bahwa platform ini akan tetap dengan dukungan PCIe 4.0 dan tidak pindah ke PCIe 5.0 seperti Intel Alder Lake. PCIe Gen 5.0 hanya akan didukung oleh Genoa tetapi sepertinya platform AM5 di masa depan akan menyertakan teknologi tersebut jika AMD melihat perlunya untuk mempromosikan next-generation graphics cards.

About The Author

Related posts

Leave a Reply