June 13, 2021

  • Instagram

Mockup CPU Desktop AMD Zen 4 ‘Raphael’ Ryzen Telah Muncul

Mockup pertama dari AMD’s next-generation Zen 4 powered Raphael Ryzen Desktop CPUs telah diposting oleh ExecutableFix. Gambar itu muncul sebagai tindak lanjut dari tweet aslinya di mana dia membocorkan informasi mengenai platform AM5 dan LGA1718 socket.

Leaker sudah mengungkapkan bahwa socket AMD AM5 akan mendukung processor LGA1718. Metode koneksi antara CPU dan motherboard ini kemungkinan besar akan digunakan oleh seri processor dengan codename “Raphael”. Bocoran baru tersebut mengungkap tampilan pertama dari seri tersebut yang kini dikabarkan akan meluncur tahun depan.

Menurut ExecutableFix, CPU Raphael akan menampilkan 120W TDP tetapi ada varian 170W yang tampak seperti edisi khusus. Lebih lanjut terungkap bahwa processor tersebut mendukung teknologi DDR5 memory dan tidak memiliki dukungan DDR4 seperti Intel Alder Lake (kompatibel dengan kedua standar tersebut). CPU akan menampilkan 28 PCI Express lanes, yang merupakan peningkatan dari seri Zen3, yang mendukung 24. Namun, tidak seperti processor Intel LGA1700, AMD Zen4 Raphael hanya akan mendukung PCIe Gen4 standard.

Spesifikasi CPU Raphael saat ini tidak diketahui, tetapi ada kemungkinan bahwa tata letak chiplet telah berubah dan AMD berhasil memasukkan lebih banyak compute dies pada package tersebut. Ini adalah hal yang berlaku untuk 4th Gen EPYC series, yang akan menampilkan lebih banyak core.

AMD Raphael kemungkinan akan memberi daya pada seri Ryzen 7000 dan itu akan menjadi produk Zen4 lainnya bersama Genoa (EPYC) dan Pheonix (APU). Sebelumnya dilaporkan bahwa AMD Raphael kemungkinan akan diluncurkan pada akhir kuartal keempat 2022. Dikatakan, Raphael kemungkinan akan bersaing dengan penerus Alder Lake yaitu Raptor Lake.

About The Author

Related posts

Leave a Reply