September 26, 2021

  • Instagram

CPU AMD Next-Gen Ryzen 8000 ‘Granite Ridge’ Dengan Zen 5 & APU ‘Strix Point’ Dengan Zen 5 + Zen 4D Cores Terlihat di Roadmap yang Bocor

AMD’s next-generation Ryzen 8000 Desktop CPUs dengan codename Granite Ridge & Ryzen 8000 Desktop APU dengan codename Strix Point telah terlihat dalam roadmap yang bocor.

Kita telah mendengar banyak rumor tentang AMD Strix Point APU baru-baru ini, tetapi ini adalah pertama kalinya kita mendengar nama penerus CPU Desktop Raphael AMD yang akan dikenal sebagai Granite Ridge. Sepertinya AMD akan tetap menggunakan Ryzen 8000 branding untuk Granite Ridge (Mainstream Desktop CPU) bertenaga Zen 5 dan STRIX Point (Mainstream Desktop APU) yang didukung  hybrid architecture.

Kami tidak mendapatkan informasi spesifik apa pun untuk CPU Desktop Ryzen 8000 Granite Ridge tetapi mereka akan kompatibel dengan platform AM5 LGA1718 dan seharusnya menampilkan  onboard RDNA graphics, mirip dengan penawaran Raphael. CPU Desktop Zen 5 akan muncul paling awal pada tahun 2023.

Baca juga:   ZOTAC Mengumumkan GeForce RTX 3070 Twin Edge OC White Edition

APU Strix Point Ryzen AMD akan menawarkan hybrid architecture yang dibuat dengan menggabungkan dua Zen core IPs. Core utama akan didasarkan pada Zen 5 architecture & core lainnya akan bergantung pada  Zen 4 architecture. Zen 4 architecture direncanakan untuk diluncurkan sekitar tahun 2022 sementara APU ini diperkirakan untuk debut sekitar tahun 2024.

Dinyatakan bahwa Zen 5 dan Zen 4 cores untuk APU Strix Point akan didasarkan pada 3nm process node. Yang menarik adalah Zen 4 awalnya dibuat pada 5nm process node sehingga kita mungkin melihat versi architecture yang disempurnakan. little Zen 4 cores disebut sebagai Zen 4D. APU AMD Strix Point Ryzen diperkirakan menampilkan 8 core Zen 5 besar dan 4 core yang lebih kecil

Baca juga:   NVIDIA GeForce RTX 3070 8 GB Graphics Card Benchmarks Bocor, Pengganti RTX 2080 Ti Dengan Harga $ 499 US

Ada juga sistem cache L4 baru untuk digabungkan pada APU AMD Strix Point yang akan berfungsi sebagai system-level cache. Rumor menyatakan bahwa pendekatan hybrid sepertinya bisa menjadi peluncuran khusus mobile sementara chip desktop akan mengandalkan desain monolithic yang sama. Akan sangat menarik untuk melihat apakah AMD menggunakan X3D packaging technology untuk APU Strix Point karena kedengarannya memang seperti pilihan yang logis berikutnya dalam pengembangan APU MCM.

Sejauh ini, AMD APU telah menawarkan desain monolithic dengan semua IP (CPU / GPU / IO) diatas die yang sama. Teknologi seperti Infinity Cache dan GPU IP seperti RDNA 3 juga diperkirakan untuk debut dengan APU Strix Point Ryzen. Sekali lagi, ini semua hanya rumor, tetapi kita pasti bisa mengharapkan banyak perkembangan menarik di segmen APU di tahun-tahun mendatang.

Baca juga:   NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti Gaming & Synthetic Performance Benchmarks Bocor

About The Author

Related posts

Leave a Reply