June 13, 2021

  • Instagram

AMD Mengkonfirmasi CPU Zen 4 Ryzen & EPYC Akan Hadir Pada Tahun 2022

AMD telah mengkonfirmasi bahwa CPU Ryzen dan EPYC Zen 4 generasi berikutnya akan diluncurkan tahun depan. Selain pengumuman tersebut, AMD juga mendemonstrasikan teknologi 3D V-Cache terbaru yang akan hadir untuk processor generasi mendatang.

Kita tahu bahwa next-generation Ryzen dan EPYC CPUs dari AMD akan ditenagai oleh Zen 4 core architecture yang baru, tetapi Lisa Su mengonfirmasi bahwa itu akan diluncurkan tahun depan pada 2022. Kami akan merinci chip itu lagi, tetapi sebelum itu, kita perlu untuk berbicara tentang teknologi baru yang dipamerkan AMD selama Computex 2021 keynote.

AMD telah mengungkapkan next-generation 3D stacking design untuk chiplet architecture-based CPUs. Teknologi ini diperkirakan untuk menumpuk beberapa IP di atas satu sama lain tetapi prototipe yang dipamerkan oleh AMD termasuk Ryzen 9 5900X dengan 3D V-Cache dengan 64 MB L3 SRAM. Prototipe ini memiliki fitur standard Zen 3 CCD yang berada di sebelah 3D packaged CCD yang berukuran 6mmx6mm. Ukuran CCD sama seperti sebelumnya tetapi ada package lain di atas CCD yang memiliki fitur cache 64 MB, menambahkan ke 32 MB dari L3 cache yang sudah ada di Zen 3 CCD.

Ini membulatkan hingga total 96 MB cache L3 per CCD atau 192 MB total L3 cache di seluruh CPU Ryzen 9 5950X. 3D V-Cache terhubung ke CCD melalui beberapa TSV. AMD menyatakan bahwa pendekatan hybrid bond ini memungkinkan kepadatan interconnect lebih dari 200 kali dengan efisiensi keseluruhan 3X lebih banyak.

AMD mendemonstrasikan prototype ini yang berarti teknologinya memang berfungsi dan bukan hanya karya diatas kertas. Prototype Ryzen 9 5900X menjalankan Gears V dan menghasilkan kinerja hingga 12% lebih cepat berkat peningkatan ukuran cache game. Rata-rata, AMD mengklaim peningkatan kinerja 15% dengan desain 3D V-Cache. AMD sudah menawarkan gaming horse-power yang luar biasa dibandingkan dengan jajaran CPU Desktop Rocket Lake Intel sehingga peningkatan kinerja tambahan ini dapat dengan mudah mengalahkan semua yang dipertaruhkan Intel untuk next-gen Alder Lake CPUs.

AMD tidak mengkonfirmasi generasi CPU yang mana yang akan digunakan untuk stacking technology baru ini, tetapi mengingat mereka memamerkan prototype berdasarkan CPU Zen 3, kita tidak dapat mengesampingkan kemungkinan Ryzen 5000 ‘Zen 3’ refresh dengan 3D V-Cache , mengingat produksi pada chip ini diperkirakan akhir tahun ini, peluncuran pada awal 2022. AMD pasti akan memiliki teknologi ini pada CPU Zen 4 Ryzen dan mereka akan melangkah satu langkah ke depan untuk mengemas Milan-X dengan stacked Zen 3 CCDs seperti yang dilaporkan dalam rumor baru-baru ini.

About The Author

Related posts

Leave a Reply