October 25, 2021

  • Instagram

Intel Next-Gen 10nm ESF Berbasis Sapphire Rapids Xeon CPU Die Shots Telah Bocor

Die shots baru dari next-gen Sapphire Rapids Xeon CPUs milik intel berikutnya telah muncul yang menunjukkan desain MCM yang dapat menampung hingga 60 core. Bocoran tersebut datang dari YuuKi-AnS yang menunjukkan kepada kita dari dekat die yang akan memberi daya pada 4th Gen Xeon lineup.

Kita memang ada melihat dari dekat Intel’s 4th Gen Sapphire Rapids Xeon CPU dies bulan lalu, tetapi kami tidak dapat melihat apa yang ada di bawahnya. Leaker berhasil mengekspos masing-masing dari empat chiplet dies pada interposer utama. Dengan keempat chiplet terbuka, kita dapat melihat bahwa di bawahnya terdapat konfigurasi core 4×4 (1 IMC tile) yang berarti setiap die terdiri dari hingga 15 core. Seharusnya 16 core tetapi 1 dari core area diambil oleh IMC maka kita hanya tersisa dengan 15 dari total core di mana 1 akan dinonaktifkan untuk hasil yang lebih baik. Ini berarti bahwa setiap die sebenarnya akan menampilkan 14 core dengan total 56 core per CPU.

Baca juga:   Nvidia GeForce RTX 3070 & 3080 Siap Beraksi, Diduga Akan Diungkap Bulan Maret 2020

Intel 4th Gen Xeon Sapphire Rapids-SP Leaked Die Shot (Image Credits: YuuKi-Ans):

Secara teori, CPU Intel Sapphire Rapids-SP Xeon dapat menampilkan maksimum 60 core dan 120 thread, tetapi kita tahu dari kebocoran sebelumnya bahwa konfigurasi maksimum akan berakhir pada 56 core dan 112 thread. Dalam kebocoran sebelumnya, leaker menyatakan bahwa kita sedang melihat chip ES yang menampilkan total 60 core (15 core per die atau 5×3 layout) sedangkan chip yang sebenarnya hanya memiliki 56 core (14 core per die) yang diaktifkan.

Intel 4th Gen Xeon Sapphire Rapids-SP Enginnering Sample (Image Credits: YuuKi-Ans):

CPU juga akan hadir dalam konfigurasi HBM dengan kapasitas hingga 64 GB (4 x 16 GB stacks) dan juga akan menampilkan DDR5 dan PCIe 5.0 I/O onboard. Hal menarik lainnya adalah bahwa chip LGA4677 akan menampilkan IHS berlapis emas dan menampilkan desain yang disolder dengan liquid-metal TIM. IHS pada chip Sapphire Rapids juga baru tetapi chip itu sendiri hadir dalam bentuk persegi panjang yang sama yang telah kita lihat pada penawaran Xeon sebelumnya.

Baca juga:   NVIDIA Turunkan Harga GPU RTX 2060

About The Author

Related posts

Leave a Reply