October 18, 2021

  • Instagram

Detail tentang Intel LGA1700 socket untuk CPU Alder Lake telah bocor

Igor Wallosek dari Igor’sLAB, mengungkapkan detail lebih lanjut tentang socket LGA1700 persegi panjang baru yang akan debut dengan 12th Gen Core “Alder Lake-S” series mendatang akhir tahun ini.

Pertama, kebocoran Igor akhirnya mengkonfirmasi bentuk CPU yang dipasang di socket. Bentuk persegi panjang sejauh ini hanya terlihat pada foto awal dari engineering sample yang dibocorkan tahun lalu. Diagram yang baru bocor juga menunjukkan desain ini. Lebih penting lagi, Igor mengungkapkan dimensi soket yang pasti. serta thermal solution hole pattern baru. Sementara slide yang menampilkan Socket V0 sudah dibagikan oleh Igor, kali ini ia menambahkan table dengan socket hole dimensions. Tampaknya Intel akan beralih dari 75×75 mm hole pattern ke 78×78. Ini pasti akan membuat beberapa pendingin tidak kompatibel, terutama karena integrated heat spreader baru Alder Lake sekarang dapat dipasang sedikit lebih rendah (6,5 mm vs 7,3 mm).

Baca juga:   MSI Z490 Motherboards Mendapat Dukungan PCle 4.0

Selanjutnya, Igor membagikan spesifikasi penting dari pendingin rekomendasi baru, termasuk pound force minimum, rekomendasi, dan maksimum.

LGA1700 socket render dengan CPU preinstalled muncul untuk mengonfirmasi bentuk persegi panjang dari 12th Gen Core series baru:

Beberapa diagram bahkan menunjukkan layout motherboard ATX yang direkomendasikan dengan leave-out area yang diperlukan. Ini juga penting bagi cooling manufacturer, karena mereka perlu memastikan pendinginnya tidak menyentuh komponen lain.

Render 3D dari socket itu sendiri juga telah dibagikan. Diagram ini menunjukkan bagaimana pin akan diposisikan pada socket. Tampaknya socket akan dibagi menjadi dua area pin berbentuk L. Ini cocok dengan pad layout pada engineering sample.

Intel Alder Lake-S series sekarang akan diluncurkan dalam beberapa bulan. Intel belum mengungkapkan tanggal peluncuran resmi, tetapi rumor tampaknya menyarankan itu mungkin tiba pada kuartal keempat. Jelas, pada titik ini, kita seharusnya bisa berharap untuk melihat kinerja 12th Gen Core series bocor kapan saja sekarang. Dari apa yang kami pelajari, sampel kualifikasi telah didistribusikan dan sekarang diuji secara ekstensif pada 600-series motherboards baru.

Baca juga:   AMD Ryzen Threadripper 3990X 64 Core Mengungguli Xeon Dual Platinum 8280 ‘CPU Cascade Lake’

About The Author

Related posts

Leave a Reply