August 04, 2021

  • Instagram

Intel Sapphire Rapids HEDT CPU & Jajaran Chipset W790 Diduga Direncanakan Untuk Q2 2022

Sebuah roadmap yang diduga merinci Intel’s HEDT & Mainstream CPU families telah bocor yang menunjukkan jajaran Sapphire Rapids & W790. Roadmap telah dibocorkan oleh Videocardz & menunjukkan bahwa next-generation HEDT platform dari Intel masih lebih dari satu tahun lagi dari peluncuran.

Roadmap menunjukkan Glacier Falls, HEDT family terakhir Intel sebelum mereka membuka pasar untuk didominasi AMD, untuk digantikan oleh Sapphire Rapids HEDT family pada Q2 2022. Sekarang kita tidak bisa mengatakan seberapa akurat roadmap ini karena tampaknya berbasis pada layout yang sama yang bocor di roadmap yang lebih lama (yang sendiri berusia beberapa tahun dan tidak akurat seperti sekarang) tetapi itu menunjukkan bahwa Intel berencana atau pada satu waktu, telah merencanakan untuk membawa Sapphire Rapids ke segmen HEDT. Terlihat bahwa Sapphire Rapids akan tergelincir pada Q3 2022 sementara jajaran Glacier Falls yang ada diluncurkan pada Q4 2019.

Baca juga:   Lupakan Big Navi! AMD Sedang Mempersiapkan The Ultimate Navi

Sapphire Rapids HEDT CPUs juga terdaftar untuk didukung oleh chipset W790 alih-alih chip seri ‘X’ standar. Intel telah meluncurkan Xeon W-3175X (Skylake-X) di segmen workstation untuk para enthusiasts dan juga mendukung chipset non-X. Sepertinya Intel memutuskan untuk mencoba keduanya, AMD Ryzen Threadripper & Threadripper Pro series CPUs dan menawarkan HEDT & workstation lineup pada satu platform terpadu daripada mengelompokkannya.

Chip Intel Sapphire Rapids-SP berbasis Xeon diharapkan memiliki fitur hingga 56 core dan kompatibilitas socket LGA 4677. Chip Sapphire Rapids workstation ‘W’ dan HEDT ‘X’ mungkin mendapatkan socket yang berbeda dan juga jumlah core yang lebih sedikit kecuali Intel ingin memasang socket dan SKU range yang sama untuk platform HEDT/Workstation-nya.

Baca juga:   [Show-off Exotic Cooler] by ToniX Computer

Kita dapat mengharapkan teknologi baru seperti 10nm Enhanced SuperFin architecture untuk CPU Sapphire Rapids, dukungan PCIe 5.0, 8-Channel DDR5 memory, dan banyak peningkatan baru yang ditujukan untuk prosumer dan enthusiast. Intel belum mengumumkan jajaran HEDT baru, tetapi kita mungkin mengharapkan update pada akhir tahun ini setelah Intel telah meluncurkan Intel Alder Lake mainstream desktop family.

About The Author

Related posts

Leave a Reply