October 18, 2021

  • Instagram

5 Jenis Processor PC yang Pernah Diproduksi

5 Jenis Processor PC yang Pernah Diproduksi

Jika berbicara mengenai processor, processor Intel yang sering dikenal. Padahal ada beberapa jenis processor selain Intel. Berikut ulasannya.

Processor selayaknya otak suatu komputer yang menjadi penentu performa atau kinerja sistem pada komputer. Di Indonesia sendiri ada 2 jenis processor yang banyak digunakan pada komputer, laptop atau notebook yang beredar di toko-toko elektronik yang tidak lain adalah Intel dan AMD.

Tahukah kamu?

Pada kenyataannya, ada beberapa jenis perusahaan yang juga menjadi produsen microprocessor. Yuk, kenali lebih jauh mengenai jenis-jenis processor yang pernah diproduksi di ulasan berikut.

Processor Intel

Processor Intel

Processor Intel sangat umum kita jumpai pada berbagai komputer. Processor komputer yang sedang kamu gunakan saat ini, besar kemungkinan menggunakan processor Intel.

Processor keluaran perusahaan sangat besar seperti Intel Corporation ini telah banyak berkembang sejak perusahaan ini berdiri pada tahun 1968. Sudah terlalu banyak tipe-tipe processor yang pernah diproduksi oleh Intel.

Baca juga:   AMD Radeon RX 6900 XT Flagship ‘Big Navi’ Graphics Card Menampilkan 3.0 GHz Maximum GPU Clock Speed

Mulai dari Nehalem yang merupakan generasi pertama dari processor Intel hingga yang paling terbaru di tahun 2019 adalah Intel Core i9.

Keunggulan processor Intel dibanding kompetitornya ada beberapa poin, diantaranya:

  1. Processor Intel mampu mengontrol suhu dengan baik  menggunakan teknologi hyper cooling processor sehingga mencegah tiap komponen pada komputer mengalami overheat. Dengan cara mengurangi kecepatan saat suhu processor terlalu tinggi.
  2. Reputasi processor Intel sangat baik mengingat pengalaman produksi yang sudah bertahun-tahun. Olehnya itu, konsumen hanya mengenal Intel sebagai satu-satunya brand processor.
  3. Performa processor Intel jauh lebih baik dibanding kompetitornya. Hal ini pula yang menyebabkan tingginya minat dan permintaan pasar pada processor ini.

Processor AMD

Processor AMD

Perusahaan pengembang processor komputer selain Intel, ada Advanced Micro Devices (AMD). AMD menjadi perusahaan terbesar kedua sebagai produsen processor setelah Intel.

Walaupun brand ini belum cukup populer, namun produk ini tidak kalah dengan kompetitornya. Processor AMD unggul dari segi kualitas grafis karena sudah tertanam GPU sehingga sangat cocok bagi para gamers. Produk AMD yang beredar di pasaran yaitu AMD K5, AMD K6, AMD Althon, dan AMD Duron.

Baca juga:   EKWB Memperkenalkan Quantum Vector FE RTX 3080 D-RGB - Special Edition BlocksUntuk GeForce RTX 3080 FE Graphics Card

Processor Cyrix Via

Processor Citric VIA

Mungkin kamu baru pertama kali mengetahui keberadaan processor Cyrix. Cyrix merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengembang microprocessor untuk PC.

Saat ini, Cyrix sudah di akuisisi oleh Via yang berdiri sejak tahun 1887 di Taiwan. Perusahaan Via awalnya hanya membuat processor untuk mengoperasikan komponen dan perangkat kecil dari komputer. Namun setelah proses akuisisi, Via mulai mengembangkan microprocessor.

Jika meninjau kualitas dan performa, processor Cyrix Via masih kalah dengan pesaing unggulan seperti AMD dan Intel. Beberapa produk processor oleh Via diantaranya Cyrix III, VIA C3, dan VIA C7.

Processor Transmeta

Processor Transmeta

Processor Transmeta yang dikembangkan oleh Transmeta Corporation saat ini sudah berhenti beroperasi. Namun sebelum berhenti, processor ini juga menjadi pesaing berat bagi processor dari perusahaan Intel dan AMD.

Baca juga:   Intel mengonfirmasi platform Raptor Lake-S, kemungkinan diluncurkan pada 2022

Penggunaan daya listrik yang sedikit, tidak mudah panas, serta harga yang murah menjadi keunggulan jenis processor ini.  Produk processor yang sempat diproduksi oleh Transmeta yaitu Crusoe dan Efficeon.

Processor IBM

Processor IBM

Perusahaan teknologi Amerika yang cukup populer ini mengembangkan dan memproduksi processor komputer. Processor IBM juga pernah menjadi pesaing berat Intel dan ADM. Beberapa produk Processor keluaran IBM diantaranya POWER 1, POWER 2, dan berlanjut hingga produk terbarunya di tahun 2017 yaitu POWER 9.

Nah, sekarang kamu sudah tahu beberapa jenis processor. Walaupun hanya processor Intel dan ADM yang beredar di Indonesia, setidaknya informasi ini menambah wawasan kamu bahwa tidak hanya 2 jenis processor saja yang pernah diproduksi.

About The Author

Related posts

Leave a Reply