August 04, 2021

  • Instagram

AMD Next Generation Threadripper 5000 Series “Chagall” Akan Diluncurkan Pada Bulan Agustus

Menurut sebuah laporan oleh MoePC (melalui Videocardz), AMD siap untuk meluncurkan next generation dari processor Threadripper 5000 pada bulan Agustus. Threadripper dipuji sebagai platform yang secara sendirian menghapus monopoli Intel dengan meningkatkan jumlah core CPU yang tersedia bagi konsumen secara signifikan di atas apa yang dulu disediakan oleh Intel. Dengan asumsi bahwa seri Threadripper 5000 memiliki harga yang sama, ini akan menjadi lini produk yang sangat bagus dan seharusnya menjadi platform yang sempurna untuk digunakan oleh para enthusiasts dan profesional.

Adapun apa yang baru di CPU Desktop Ryzen Threadripper 5000 HEDT AMD, salah satu perubahan besar adalah Zen 3 core architecture itu sendiri yang akan mendorong peningkatan IPC 19% di atas Zen 2 based Threadripper 3000 lineup yang ada. CPU Ryzen Threadripper 5000, dengan codename, Chagall, akan mempertahankan 64 core dan 128 thread. CPU akan menawarkan clock speed yang lebih tinggi, rearranged cache (L3), dan akan menampilkan 7nm process node yang disempurnakan dari TSMC untuk menawarkan efisiensi keseluruhan yang lebih baik.

Baca juga:   Intel Meluncurkan 11th Gen Tiger Lake 10nm Core CPUs Dengan Next-Gen Xe GPU

Seperti yang dapat Anda lihat dari screenshot di atas, MoePC memperkirakan Chagall untuk menampilkan peningkatan xGMI dari 16 GT menjadi 18 GT. Berdasarkan konfigurasi 8+1 MCM, seharusnya memiliki ukuran dan tata letak die yang sama persis dan TDP juga sama. AMD juga tidak pindah ke DDR5 dan PCIe 5.0 seperti yang direncanakan Intel.

Cache L3, bagaimanapun, akan mendapatkan upgrade. Ini akan digandakan dari 16MB per CCX menjadi 32 MB per CCX. Menariknya, AMD tetap berkomitmen untuk ketahanan socket dan next generation Ryzen Threadripper 5000 Chagall series juga akan mendukung socket TRX4 (SP3r3) yang sama. Menurut bocoran sebelumnya, AMD hanya akan mengumumkan platform pada bulan Agustus, dengan ketersediaan umum direncanakan untuk September 2021. Platform sudah mulai bermunculan di berbagai changelog (HWINFO telah mendukung platform ini sejak update terbaru) sehingga jelas bahwa peluncuran sudah dekat.

Baca juga:   Update Driver Terbaru Untuk Radeon Software & Nvidia GeForce Driver Resmi Dirilis Hari ini

About The Author

Related posts

Leave a Reply