August 04, 2021

  • Instagram

AMD Raphael Zen4 Based CPUs Dirumorkan Hanya Memiliki 16 Core

Rumor tentang AMD Raphael Zen4 series of desktop CPUs sedang beredar dan didaftar oleh beberapa sumber bahwa jumlah core yang tersedia adalah 24, bukan 16 core standard.

Rumor ini telah ditentang oleh ExecutableFix (@ExecuFix di Twitter) untuk meneruskan bahwa AMD Raphael Zen4 series baru akan memiliki 16 core, yang saat ini sama dengan CPU AMD Ryzen 9 5950X.

Gamer Nexus merilis informasi pada Maret 2020 yang menampilkan dua slide, salah satunya menyebutkan dua Zen4 series CCDs dengan delapan core dan enam belas thread. Seperti rumor lainnya, informasi berubah selama setahun terakhir, yang akan menjelaskan mengapa informasi tersebut menambahkan delapan threads tambahan dan tidak untuk langsung dipercaya.

Baca juga:   Warcraft III: Reforged Resmi Dirilis, Spesifikasi Minimum Pun Cukup Ringan

Informasi baru ini juga berarti bahwa Intel Alder Lake-S cocok dengan jumlah core yang sama. Perbedaan antara Intel Alder Lake-S dan AMD Raphael Zen4 adalah bahwa CPU Intel akan membagi daya untuk setengah dari core yang berfokus pada kinerja yang lebih besar daripada model sebelumnya dan setengah lainnya dari cores untuk jumlah efisiensi yang lebih besar, juga meningkat dari model sebelumnya. CPU AMD Raphael Zen4 hanya akan menampilkan core yang dibuat secara ketat untuk kinerja yang lebih tinggi dari semua 16 cores.

Patrick Schur (@patrickschur_ di Twitter) juga menambah informasi tentang seri AMD Zen4 Raphael. Dia menyatakan bahwa seri Raphael akan memiliki TSMC 5nm fabrication node, maksimum hingga 16 core, dan thermal design point yang mendorong daya setinggi 170 watt.

Baca juga:   AMD Ryzen 5000 Zen 3 Desktop CPUs Dikabarkan Berjalan di Motherboard A320 & X370

Dengan informasi yang terbaru ini, seri AMD Ryzen 6000 kemungkinan besar akan mendukung memori DDR5, yang perlahan-lahan menjadi standar, dan integrated heat spreader design yang lebih baru akan digunakan pada seri AM5, seri yang menggunakan codename tersebut untuk LGA1718 socket. Selain itu, CPU AMD Raphael Zen4 dikabarkan akan dirilis pada tahun depan, lebih khusus kuartal kedua atau ketiga tahun 2022, sekitar waktu yang sama dengan seri Intel Raptor Lake, penerus seri Intel Alder Lake-S, ditetapkan untuk diluncurkan.

About The Author

Related posts

Leave a Reply