August 04, 2021

  • Instagram

NVIDIA GeForce RTX 30 SUPER ‘Ampere’ GPU Akan Menuju Platform Desktop & Mobile

Rumor mengatakan bahwa ada SUPER refresh baru dalam karya NVIDIA yang akan menampilkan GPU GeForce RTX 30 baru untuk platform desktop dan mobile. Rincian mengenai ini datang dari Kopite7kimi yang sangat akurat mengenai kebocorannya di masa lalu dan beberapa berasal dari sumber kami sendiri yang telah menunjukkan rencana produksi dari GPU tersebut.

NVIDIA dirumorkan telah menyiapkan GPU GeForce RTX 30 SUPER Mobility untuk awal tahun 2022 berdasarkan SKU Ampere Refresh. Sekarang ada laporan bahwa Refresh SUPER yang sama menuju platform desktop dan akan mencakup lebih dari satu GPU SKU refresh. Sampai saat ini, NVIDIA hampir menyelesaikan seluruh peluncuran Ampere Phase 1. GeForce RTX 3080 Ti & RTX 3070 Ti adalah yang terakhir dari penawaran kelas atas dalam jajaran dan RTX 3050 Ti & RTX 3050 dikirimkan di berbagai laptop. Peluncuran GeForce RTX 3050 series desktop akan segera datang, tetapi inilah saatnya untuk fokus pada apa yang ada selanjutnya.

Baca juga:   Bocoran Spesifikasi NVIDIA GeForce RTX 3080, RTX 3070 hingga 20GB GDDR6 RAM

NVIDIA GeForce RTX 30 SUPER Refresh akan menjadi bagian dari ‘Ampere Phase 2’ yang menurut sumber kami telah mulai diproduksi pada kuartal ini. GPU akan berbeda dari SKU Ampere yang kita dapatkan tahun ini dan tahun lalu dan akan fokus pada pengoptimalan desain bersama dengan mempertahankan hardware-level block mereka pada crypto mining algorithms. Selain itu, NVIDIA diperkirakan dapat memanfaatkan pemasangan legacy node GPU (Samsung 8nm) ke bus interfaces yang lebih luas dengan kapasitas VRAM yang lebih tinggi untuk meningkatkan kinerja.

Baca juga:   Gigabyte Umumkan Jajaran Motherboard Terbaru Z490 AORUS Series

Hal ini juga dikemukakan oleh Kopite7kimi yang menyatakan tidak akan ada perubahan node pada GeForce RTX 30 SUPER Refresh baik untuk platform desktop maupun mobile. GPU GA103 adalah salah satu SKU baru yang akan kita lihat di lineup tetapi berdasarkan tweet-nya, sepertinya kita akan melihat beberapa SKU lagi. Baru-baru ini juga terungkap bahwa NVIDIA GA103 akan memiliki SKU ‘S’ yang akan menampilkan package yang lebih kecil sebagian dengan 256-bit memory controller berbeda dari GA103’s full 320-bit interface & GA102’s full 384-bit interface.

Meskipun kami tidak tahu tentang SKU GeForce RTX 30, Kopite7kimi menyebutkan bahwa penerus keduanya, GeForce RTX 3080M dan GeForce MX450 sedang dalam pengerjaan. NVIDIA tidak menyentuh model flagship ‘Ti’ terakhir kali tetapi mereka juga dapat menerima varian SUPER jika RTX 3080 ingin mendapatkan varian VRAM yang lebih tinggi. Kartu saat ini mendukung 10 GB GDDR6X memory, tetapi jika akan ditingkatkan, 3080 Ti juga akan melihat peningkatan memori. Adapun Titan class ‘RTX 3090’, sama seperti penawaran workstation-nya, 3090 juga dapat ditingkatkan hingga dua kali lipat VRAM tetapi itu tergantung pada seberapa baik ketersediaan chip GDDR6X pada saat SUPER Refresh diumumkan.

Baca juga:   AMD B550 Motherboard Roundup & Spesifikasi Resmi - Platform CPU Ryzen Menjadi Lebih Terjangkau

Disebutkan juga bahwa NVIDIA GeForce RTX 30 SUPER refresh (Ampere) akan menjadi jajaran intermediate seperti GeForce RTX 20 SUPER refresh (Turing) sebelum perusahaan meluncurkan chip next-gen Ada Lovelace. Untuk itu, Leaker lain, Greymon55, telah menyatakan bahwa GeForce RTX 40 series graphics cards (penamaan tidak dikonfirmasi), akan didasarkan pada TSMC N5 (5nm) process node dan akan menawarkan setidaknya dua kali lipat kinerja RTX 3090. AMD di sisi lain telah dikabarkan menawarkan hampir 3x peningkatan kinerja dengan RDNA 3 dibandingkan GPU flagship RDNA 2.

About The Author

Related posts

Leave a Reply