September 28, 2021

  • Instagram

NVIDIA GeForce RTX 40 Series Akan Menampilkan GPU 5nm Ada Lovelace

NVIDIA GeForce RTX 40 Series graphics cards akan ditenagai oleh next-generation 5nm Ada Lovelace GPU jika rumor terbaru dari Greymon55 dapat dipercaya. Leaker sangat aktif dan telah memposting beberapa detail tentang GPU generasi berikutnya dari AMD dan NVIDIA di Twitter dan yang terbaru adalah tentang jajaran GPU Gaming NVIDIA.

Greymon55 menyatakan bahwa NVIDIA akan meluncurkan GeForce RTX 40 series graphics cards berdasarkan Ada Lovelace GPU architecture. GPU Ada Lovelace akan menggantikan jajaran Ampere dan akan didasarkan pada TSMC’s 5nm process node. Tidak seperti jajaran RDNA 3 AMD, GPU akan tetap dengan monolithic design dan sementara 5nm TSMC dinyatakan, kami tidak tahu apakah itu adalah N5 standar atau node N5P yang akan digunakan. Tapi itu masih harus dilihat sampai chip pertama keluar & sepertinya tidak terlalu jauh dari sekarang.

Baca juga:   Jutaan PC Lama Bisa Install Windows 11, Ini Caranya

Beberapa informasi ini didukung oleh Kopite7kimi, seorang leaker yang lebih terpercaya yang telah benar mengenai beberapa kebocoran sebelumnya. Dia sebelumnya telah menyatakan bahwa next-generation GPUs dari NVIDIA memang akan didasarkan pada 5nm process node tetapi NVIDIA akan memiliki pilihan yang sulit untuk dibuat. GPU Ada Lovelace terutama merupakan gaming architecture tetapi ada rumor bahwa Ada akan tertinggal di belakang RDNA 3 dalam hal kinerja meskipun NVIDIA diharapkan untuk mengeluarkan semua power budget mereka untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi daripada AMD.

Jika dalam hal Ada Lovelace tidak mampu berhadapan atau melampaui kinerja GPU AMD RDNA 3, maka NVIDIA dikatakan membatalkan seluruh jajaran Ada Lovelace dan langsung pindah ke Hopper yang merupakan MCM GPU architecture mereka sendiri. Hopper saat ini direncanakan untuk dirilis pada akhir 2021 dan terutama ditujukan untuk segmen server / AI tetapi teknologi MCM-nya adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan NVIDIA untuk menghadapi AMD.

Baca juga:   GPU AMD Navi 23 Radeon RX Menampilkan 32 MB Infinity Cache

Sebelumnya kami juga telah mendengar beberapa spesifikasi mengenai GPU Ada Lovelace. Dikabarkan bahwa flagship GPU, AD102, akan mengemas hingga 144 unit SM dengan total 9216 core atau seperti yang dinyatakan oleh algoritma baru NVIDIA, 18.432 CUDA core. Penerus RTX 3090 yang menampilkan GPU semacam itu dapat menampilkan sekitar 2-2,5x peningkatan kinerja meskipun RDNA 3 AMD, sekali lagi, diperkirakan memberikan peningkatan kinerja 3x dengan GPU Navi 31 MCD yang akan memberi daya pada next-gen flagship graphics card.

Moore’s Law is Dead juga memposting kemarin bahwa GPU Ada Lovelace NVIDIA tidak hanya akan eksklusif untuk platform Desktop dan Laptop, architecturenya juga seharusnya diadopsi oleh SOC untuk berbagai produk termasuk platform Drive AGX NVIDIA. Disebutkan juga bahwa GPU seri Ada Lovelace GeForce RTX 40 pertama akan ditampilkan dalam mid-range desktop graphics card jika hasilnya tidak cukup baik dan NVIDIA benar-benar ingin mendorong dan mendemonstrasikan architecture baru mereka ke dunia terlebih dahulu.

Baca juga:   AMD Ryzen 9 5900X “Vermeer” 12 Core & 24 Thread Zen 3 CPU Diduga akan mencapai 5 GHz dengan 150W TDP

NVIDIA Lovelace AD102 Rumored GPU Specifications

GPUAD102GA102TU102
ArchitectureAda LovelaceAmpereTuring
Process5nmSamsung 8nmTSMC 12nm NFF
Graphics Processing Clusters (GPC)1276
Texture Processing Clusters (TPC)724236
Streaming Multiprocessors (SM)1448472
CUDA Cores18432107524608
Theoretical TFLOPs64.537.616.1
Release2022 (TBC)Sept. 19Mar. 2017

Namun, yakinlah bahwa kita tidak akan melihat next-gen GPU atau graphics card hingga akhir 2022. NVIDIA memiliki  intermediate RTX 30 ‘SUPER’ refresh yang direncanakan sebelum pindah ke next-gen part tetapi selain itu, AMD dan NVIDIA akan fokus pada pengembangan next-gen chips untuk sisa tahun 2022 dengan peluncuran yang difokuskan pada akhir tahun.

About The Author

Related posts

Leave a Reply