December 05, 2021

LOGIN
  • Instagram

Motherboard Chipset Intel Z690 Untuk CPU Alder Lake Akan Mempertahankan 24-Pin Connectors

Motherboard Intel Z690 untuk CPU Desktop Alder Lake akan mempertahankan traditional 24-pin connector design, seperti yang dilaporkan oleh Yuuki_ans. Leaker menyatakan bahwa sebagian besar motherboard maker telah memilih untuk menghentikan Intel’s ATX12VO strategy.

ATX12VO power connectors akan menjadi hal yang besar pada motherboard seri 600 termasuk flagship Z690 chipset-based products. Intel secara aktif mencoba untuk menstandardisasi konfigurasi konektor daya baru dan lebih hemat daya pada motherboardnya mulai generasi berikutnya, tetapi tampaknya tidak dilakukan lagi.

Baca juga:   AMD Ryzen Embedded V3000 SOCs Akan Menampilkan 6nm Zen 3 Cores

Menampilkan dukungan untuk CPU Desktop Alder Lake, motherboard Z690 akan mengadopsi standar baru yang terbukti mengurangi idle power hingga setengahnya, tetapi peningkatan efisiensi daya tidak begitu signifikan karena daya meningkat hingga beban penuh. Untuk menjalankan ATX12VO, Anda memerlukan PSU & motherboard yang tepat dengan konektor daya yang diperlukan. Ini terlalu banyak upgrade untuk pengguna yang sudah ada dan bisa menjadi salah satu dari banyak alasan mengapa motherboard maker memutuskan untuk tidak menggunakan standard.

Disebutkan pula bahwa Intel telah mewajibkan setiap motherboard manufacturer untuk membuat minimal satu motherboard yang mendukung ATX12VO standard. Ini telah memaksa beberapa board maker untuk menggabungkan12VO ke 24-pin adapter board daripada implementasi yang tepat di papan itu sendiri. Sumber kami di motherboard maker telah menyatakan bahwa sementara Intel telah menyuruh mereka untuk membuat setidaknya 1 motherboard ATX12VO, mereka tidak mengatakan bahwa mereka harus merilisnya.

Baca juga:   Update Terbaru Cyberpunk 2077 Menambahkan Bug Baru, Dikonfirmasi CD Projekt Red

Adapun ATX12VO boards sendiri, saat ini, hanya ada sejumlah pilihan terbatas yang mencakup MSI Z590 PRO dan ASRock Z590 Phantom Gaming 4SR. MSI juga mendemonstrasikan Z590 PRO 12VO dalam video Insider bulan lalu yang dapat Anda lihat di bawah:

Intel 600-series platform akan terdiri dari SKU Z690, B660, dan H610. Tidak disebutkan tentang chipset workstation tetapi itu mungkin akan datang nanti. Adapun peluncurannya, Z690 flagship SKU akan menjadi yang pertama masuk ke pasar dan ditargetkan untuk Q4 2021. Itu juga saat kita dapat mulai mengharapkan untuk melihat DDR5 memory di retail outlets. Platform Intel 600-series juga akan kompatibel dengan PCIe 5.0.

Baca juga:   Intel Core i7-12700K Alder Lake CPU Terlihat Berjalan Pada Motherboard Gigabyte Z690 UD AX DDR4

Ke depan, Intel berencana untuk memperluas 600-series platform dengan mainstream & entry-level SKUs seperti B660 dan H610. Chipset ini bertujuan untuk diluncurkan sekitar Q1 2022 sehingga kita dapat mengharapkan pengumuman sekitar CES 2022. Semua motherboard akan menampilkan LGA 1700 socket untuk mendukung 12th Gen Alder Lake CPUs tetapi sepertinya hanya motherboard Z690 yang mungkin mendapatkan DDR5 support sementara  entry-level options mungkin tetap dengan DDR4, setidaknya untuk generasi pertama.

About The Author

Related posts

Leave a Reply