September 28, 2021

  • Instagram

AMD Radeon RX 7900 XT Dengan Flagship RDNA 3 Navi 31 GPU didetail

Spesifikasi detail GPU AMD Navi 31 berdasarkan RDNA 3 architecture yang akan menggerakkan next-gen Radeon RX 7900 XT flagship graphics card berikutnya telah bocor lagi.

AMD RDNA 3 based Navi 31 GPU telah dalam pembicaraan untuk sementara waktu sekarang. Sungguh gila bahwa kita tahu begitu banyak tentang GPU ini melalui rumor dan kebocoran bahkan sebelum dirilis. Itu juga salah satu alasan mengapa kita harus menerima semua informasi ini dengan hati hati meskipun leaker & sumber yang telah memposting detailnya cukup dapat diandalkan berdasarkan informasi mereka sebelumnya.

Jadi, dimulai dengan GPU AMD Navi 31, chip RDNA 3 unggulan, yang akan memberi daya pada next-generation Radeon RX 7900 XT graphics card. Olrak29_ berhasil menyusun block diagram chip berdasarkan semua rumor yang beredar di Twitter. Kami telah mendengar bahwa AMD akan menurunkan CU (Compute Units) demi WGP (Work Group Processors) pada next-gen RDNA 3 GPUs.

Baca juga:   5 Rekomendasi Monitor Terbaik Di Bulan Ini

Konfigurasi GPU Navi 31 yang ditampilkan di sini menampilkan dua GCD (Graphics Core Die) dan satu MCD (Multi-Cache Die). Setiap GCD memiliki 3 Shader Engine (total 6) dan setiap Shader Engine memiliki 2 Shader Array (total 2 per SE / 6 per GCD / 12). Setiap Shader Array terdiri dari 5 WGP (total 10 per SE / 30 per GCD / 60) dan setiap WGP memiliki 8 unit SIMD32 dengan 32 ALU (total 40 SIMD32 per SA / 80 per SE / 240 per GCD / 480). Unit SIMD32 ini digabungkan menjadi 7.680 core per GCD dan total 15.360 core.

MCD Navi 31 (RDNA 3) akan ditautkan ke  dual GCD melalui next-generation Infinity Fabric interconnect dan menampilkan Infinity Cache 256-512 MB. Setiap GPU juga seharusnya memiliki 4 memory connect links (32-bit). Itu total 8 32-bit memory controllers untuk 256-bit bus interface. Rangkuman semua spesifikasi disediakan oleh 3DCenter yang dapat dilihat pada tweet di bawah ini.

Baca juga:   Fitur AMD Ryzen 5000 Series CPU "Warhol”

Ada beberapa rumor yang menyatakan bahwa RDNA 3 GPUs yang akan datang akan mengungguli apa pun yang ditawarkan NVIDIA dalam hal rasterization performance. Sepertinya AMD akan memimpin dengan menawarkan MCM-powered GPUs pertama di bawah Radeon RX graphics card lineup. Tetapi pada saat yang sama, NVIDIA diperkirakan untuk dengan cepat bertransisi ke MCM GPU lineup -nya yang akan menawarkan peningkatan kinerja lebih dari 3x dibandingkan GPU Ampere.

Baca juga:   8 Produk Terbaik Gigabyte Berhasil Menangkan Red Dot Design Award 2020

AMD RDNA 3 ‘Navi 3X’ GPU-powered Radeon RX graphics card lineup diharapkan menawarkan peningkatan kinerja hingga 3x dibandingkan penawaran RDNA 2 yang ada. Ini akan menandai lompatan besar ke depan untuk evolusi grafis dan sekarang AMD sudah onboard dengan next-gen technologies seperti FSR dan Raytracing, mengharapkan persaingan generasi berikutnya yang sangat panas antara tim merah dan hijau.

About The Author

Related posts

Leave a Reply