September 28, 2021

  • Instagram

CPU Intel Alder Lake Akan Menampilkan 8+8 Core Design Dan Peningkatan IPC 19% Secara Besar-besaran Di Atas 11th Generation CPUs

Intel’s Alder Lake akan dibangun menggunakan core E dan P baru perusahaan, dan mewakili evolusi signifikan dalam target efisiensi daya perusahaan. Ini akan dibangun di atas Intel 7 process dan skala dari 9 watt hingga 125 watt. DDR5 dan PCIe gen5 akan didukung (pertama di pasar) dan menampilkan teknologi baru seperti Intel Thread Director.

Alder Lake akan sepenuhnya dapat diskalakan dari Desktop (LGA1700) hingga ultra mobile. Menariknya, meskipun platform memiliki 8 P-core dan 8 E-core, hanya P-core yang akan mendukung pembuatan hyper threading dengan total 24 thread yang tersedia. integrated GPU akan memiliki 96 EU dari Xe architecture tetapi hal yang paling mengesankan kami adalah kenyataan bahwa Intel mengklaim peningkatan IPC 19% atas Rocketlake – yang seharusnya dengan mudah mengalahkan AMD parts jika benar .

Baca juga:   Lenovo Legion Akan Hadirkan Smartphone Gaming

Rocketlake memberikan peningkatan IPC 19% atas Skylake juga tetapi Skylake hampir berusia satu dekade dan Intel dapat mengulangi trik itu lagi dengan Alder Lake, itu harus dapat mengalahkan AMD Ryzen parts core for core. Meski begitu, mengingat Ryzen parts memiliki jumlah core yang lebih tinggi di sisi mainstream (16 performance cores), AMD harus tetap mempertahankan mahkota kinerja absolut sampai Intel mengeluarkan high core count parts dengan architecture ini.

Alder Lake akan menampilkan hingga 30 MB non inclusive LL Cache dan mendukung DDR5-4800, LP5-5200 bersama dengan DDR4-3200 dan LP4x-4266. Ini juga akan mendukung dua kali bandwidth PCIe berkat dukungan PCIe 5 dan akan mampu menyediakan hingga 16 lanes dari PCIe Gen5 dengan hingga 64 GB/s. Desain baru sepenuhnya modular dan dibuat seperti lego dan seharusnya benar-benar terukur dan fleksibel. compute fabric interconnect memiliki bandwidth 1000 GB/s sedangkan fabric IO memiliki BW 64 GB/s. Subsistem memori mendukung hingga 204 GB/s tetapi yang lebih penting dapat menskalakan frekuensi (dan daya) memori sesuai dengan kebutuhan SoC.

Baca juga:   Teknologi NVIDIA RTX DLSS

Intel Alder Lake akan datang akhir tahun ini pada tahun 2021 dan seharusnya dapat memenangkan kembali mahkota performa mobility dan efisiensi daya dari AMD.

About The Author

Related posts

Leave a Reply