September 28, 2021

  • Instagram

CPU Desktop AMD Ryzen AM5 Dengan Zen 4 Architecture Dikonfirmasi Menampilkan Integrated RDNA 2 Graphics

AMD’s next-generation Ryzen AM5 Desktop CPUs & APUs berdasarkan  Zen 4 core architecture dikonfirmasi untuk menampilkan integrated RDNA 2 graphics. Informasi ini dikonfirmasi dalam dokumen Gigabyte yang bocor oleh Chips and Cheese (via Videocardz).

Dokumen yang bocor mencantumkan kompatibilitas fitur CPU Desktop AM5 yang akan datang, yaitu, AMD Family 19h. Keluarga processor ini akan didasarkan pada Zen 4 core architecture dan sesuai dengan detailnya, family ini akan menampilkan integrated RDNA 2 graphics chip seperti yang diperlihatkan dalam kebocoran sebelumnya.

Dokumen tersebut mencantumkan tiga AMD AM5 Desktop CPU families yang akan didasarkan pada Zen 4 core architecture. Family ini akan menyertakan dua jenis chip, satu dengan iGPU yang diaktifkan dan yang lainnya dengan iGPU yang dinonaktifkan. Ini terdaftar untuk OPN tertentu yang tidak membawa dukungan Hybrid GFX (dedicated & integrated).

Menariknya, semua chip dengan integrated GPU ini disebut sebagai APU dalam dokumen dan kami tahu bahwa AMD akan segera mengeluarkan Rembrandt APU yang akan membawa Zen 3 CPU & RDNA 2 GPU architecture. CPU Desktop AMD Raphael Zen 4 juga dapat dianggap sebagai APU karena mereka akan membawa Zen 4 core architecture dan RDNA 2 GPU tetapi akan memiliki model terbatas di mana iGPU diaktifkan dibandingkan dengan Rembrandt APU lineup.

Baca juga:   EVGA Meluncurkan Flagship GeForce RTX 3090 KINGPIN Hybrid & Hydro Copper Graphics card

Platform desktop klien AM5 juga dilengkapi 4x tambahan PCIe Gen 4 lanes yang dapat digunakan untuk memasang slot M.2, slot PCIe x4, atau menggabungkannya langsung ke discrete USB4 controller, seperti yang dilaporkan situs tersebut. Dalam konfigurasi tertentu, x4 PCIe Gen 4 lanes akan memberi daya pada USB4 hub yang memberi daya pada dua port thunderbolt dengan dukungan DP 2.0.

untuk kapan CPU & APU AM5 ini dapat diharapkan, chip Raphael Zen 4 Ryzen akan menjadi yang pertama untuk mencapai platform baru tahun depan sementara masih diperdebatkan apakah Rembrandt APU akan datang ke platform AM4 atau langsung di platform AM5. meskipun lebih masuk akal untuk memilikinya di platform yang lebih baru jika mereka dimaksudkan untuk memanfaatkan set fitur lengkap mereka. Kita mungkin juga melihat DP2.0 pada platform laptop yang akan dipamerkan selama CES 2022.

Baca juga:   Intel Core i9-12900K Flagship Tampil Menghancurkan AMD Ryzen 9 5950X Di CPU-Z Single-Thread Benchmark

About The Author

Related posts

Leave a Reply