September 28, 2021

  • Instagram

Intel Alder Lake P-Core & E-Core: Golden Cove Menawarkan Desain Single-Threaded 50% Lebih Tinggi & Hybrid Menawarkan Performa Multi-Threaded 50% Lebih Tinggi

Intel telah menjelaskan lebih lanjut tentang kinerja P-Core & E-Core hybrid design architecture yang ditampilkan pada CPU Alder Lake. Perusahaan awalnya membandingkan peningkatan kinerja versus Skylake architecture tetapi sekarang, Intel telah memberi kita performance per power charts yang mengadu P-core dan E-core di samping satu sama lain.

Dalam slide terbaru yang disajikan di HotChips 33, Intel menunjukkan perbandingan kinerja relatif single-threaded & multi-threaded antara P-Core (Golden Cove) dan E-Core (Gracemont).

Dalam aplikasi single-threaded, single P-Core (Golden Cove) memberikan peningkatan kinerja single-threaded 50% dibandingkan E-Core (Gracemont) dalam die area dan power package yang sama. Desain hybrid Intel, di sisi lain, menunjukkan kehebatannya dalam kinerja multi-threaded, & memberikan peningkatan 50% dibandingkan dengan 4 P-Core solution.

Desain hybrid menampilkan 2 P-Core (Golden Cove) dan 8 E-Core (Gracemont). Desain Hybrid memang menawarkan 50% lebih banyak threads untuk mendapatkan keunggulan 50% di atas desain 4 P-Core standar (12 threads vs 8 threads) tetapi ia melakukannya dalam package dan batasan daya yang sama.

Baca juga:   MSI Yang Pertama Meluncurkan AGESA 1.1.9.0 BIOS Firmware Untuk Motherboard X570 & B550

Intel juga berbicara sedikit lebih mendalam mengenai teknologi Thread Director-nya dan berdasarkan slide baru, core Alder Lake akan disegmentasikan ke dalam grup IPC tertentu. Ini adalah pendekatan yang bagus karena IPC tidak selalu sama di semua workload atau core. Apa yang biasanya kita lihat adalah IPC rata-rata atau angka dasar berdasarkan beberapa workload tetapi secara real-time, OS scheduler perlu beradaptasi dengan kinerja dan efisiensi architecture dan di sinilah Thread Director memainkan peran penting.

Misalnya, dalam beberapa skenario, menjadwalkan thread untuk workload kecil dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik secara keseluruhan daripada menjadwalkan untuk core besar dan hal yang sama berlaku dalam hal efisiensi. Intel’s Alder Lake CPU akan menjadi x86 hybrid pertama pada mainstream consumer platforms & membutuhkan banyak pekerjaan di bagian scheduling untuk membuat architecture berfungsi sebagaimana dimaksud. Baik Microsoft dan Intel bekerja untuk memberikan kinerja yang stabil saat diluncurkan dengan Alder Lake dan OS Windows 11.

About The Author

Related posts

Leave a Reply